PERINGATAN HARI IBU KE-83 DAN HUT DWP KE-12 TINGKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR





 Mengoptimalkan Peran Perempuan bersama Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Menuju Kesejahteraan

Gedung Kesenian, Rabu, 28 Desember 2011. Bupati Ogan Komering Ilir Ir. H. Ishak Mekki, MM menghadiri Peringatan Hari Ibu Ke-83 dan Hut DWP Ke-12 Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir. Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD OKI, FKPD Kabupatan OKI, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas/Bagian/Badan/Kantor dan Camat Se-Kabupaten OKI. Penasehat Gabungan Organisasi Wanita OKI, Ketua-Ketua serta anggota Organisasi Wanita Se-Kabupaten OKI.

Penasehat Organisasi Wanita Kabupaten OKI, Hj. Tartila Ishak dalam sambutannya mengatakan Peringatan Hari Ibu dan Dharma Wanita Persatuan ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghargai keluhuran kodrat, harkat, dan kedudukan serta peran serta kaum perempuan serta  peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi keluarga. Hal ini menurut Tartila seiring dengan Tema Hari Ibu pada tahun 2011 ini yang memfokuskan pada aspek ekonomi, yaitu : “Peran Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Menuju Kesejahteraan Bangsa”. Partisipasi perempuan di bidang ekonomi khususnya ekonomi keluarga menurut Tartila harus terus ditingkatkan terutama di eraglobalisasi yang semakin kompetitif. Upaya peningkatan ekonomi keluarga di Kabupaten OKI jelas Tartila merupakan program penting yang telah dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Organisasi-Organisasi Wanita yang ada di Kabupaten OKI bersama dengan Pemerintah Kabupaten OKI dengan bahu membahu secara bersama-sama menstimulasi dan mendorong upaya-upaya kaum perempuan, kaum ibu khususnya dalam membantu suami meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga. Berbagai pelatihan keahlian, bantuan modal, pembinaan terhadap kelompok-kelompok usaha wanita telah diberikan “Hal ini karena kami yakin benar kesejahteraan keluarga merupakan muara untuk terwujudnya kehidupan keluarga yang baik, masyarakat yang sejahtera dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas” jelas Tartilah.

Bupati OKI Ir. H. Ishak Mekki, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus menghargai perjuangan panjang kaum perempuan yang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan untuk mewujudkan negara Indonesia yang bersatu, aman, damai serta makmur. Oleh karenanya, pada kesempatan ini atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir Ishak mengucapkan terimakasih atas partisipasi serta Kontribusi kaum perempuan Kabupaten Ogan Komering Ilir dari masa lalu hingga saat ini yang telah berjuang dan berkorban untuk kemajuan Bumi Bende Seguguk. Sesuai dengan tema peringatan hari Ibu tahun ini, Ishak berharap Perempuan di Kabupaten OKI agar melakukan intropeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang telah dilakukan kaum perempuan terdahulu  di bidang ekonomi dalam rangka perbaikan kualitas hidup perempuan, anak, keluarga dan masyarakat. Ishak mengajak organisasi atau gerakan perempuan di Kabupatan Ogan Komering Ilir untuk mewujudkan peranannya dalam pembangunan diantaranya yaitu dengan meningkatkn gerakan koperasi khususnya untuk kelompok perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga, menunjukkan peran serta perempuan dalam memfasilitasi dan membina UKM, Meningkatkan peran serta kaum ibu di Kecamatan dan di Desa-Desa dalam usaha membantu suami untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, menjadi pelopor dan terus meningkatkan usaha pelestarian lingkungan melalui gerakan-gerakan penghijauan dan dapat turut serta dan menyukseskan program-program pemerintah Daerah. Namun dari pada itu semua, jelas Ishak janganlah lupa bahwa peran utama  perempuan adalah sebagai ibu dari anak-anaknya yang membangun karakter, jati diri dan budi pekerti bangsa.

Selanjutnya pada kesempatan ini, Ishak Mengucapkan selamat atas keberhasilan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang telah meraih penghargaansebagai pengelola Bina Keluarga Balita (BKB) terbaik tingkat Provinsi dan mendapat Penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Kepala BKKBN Pusat. Penghargaan ini tentunya merupakan usaha dan keberhasilan bersama serta sebagai motivasi bagi untuk berbuat lebih baik lagi.

Dalam kesempatan ini Bupati OKI didampingi penasehat GOW OKI memberikan penghargaan kepada Pengelola Kecamatan Sayang Ibu (KSI) terbaik, Penyandang Cacat Berprestasi, Wanita Lanjut Usia Berprestasi, Peserta Akseptor KB Lestari 5 (Lima) Tahun, 10 (sepuluh) Tahun dan 15 (lima belas) Tahun, Pengelola P2WKSS, Perusahaan Terbaik Pembina Pekerja Perempuan, dan pemenang lomba Sekretariat DWP se-Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Pada kesempatan ini pula Hj. Tartila Ishak menerima penghargaan Women Inspiration Award dari PT Excel Comindo Pratama sebagai sosok wanita yang menginspirasi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.