UPJA WIDHATAMA DAPAT PENGHARGAAN PRESIDEN

Kelompok Usaha Pelayanan Jasa Alat (UPJA) mesin pertanian Widhatama Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara dari Presiden RI H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam peningkatan mutu pertanian, Selasa (6/12) di Istana Negara.

Kadin Pertanian Ir H Asmar Wijaya MSi mengatakan, UPJA alat dan mesin pertanian yang disebut Alsintan sebelumnya telah berhasil menjadi UPJA terbaik tingkat kabupaten. Kemudian, menyabet juara 1 tingkat provinsi. Sehingga maju dalam penilaian tingkat nasional dan akhirnya menjadi juara 1 tingkat nasional.

Masih kata Asmar, pada lomba tersebut banyak factor yang dinilai antara lain kelengkapan administrasi manajemen kelompok serta kelengkapan alat dan jasa pendukung pertanian. Karena, menurut Asmar alsintan mempunyai peranan sangat penting dan strategis dalam rangka mendukung penumbuhan produksi pertanian yang terus meningkat.

“Alsintan ini dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah, penyediaan air, meningkatkan Instensitas Pertanaman (IP), mengurangi kehilangan hasil, menjaga kesegaran dan kebutuhan, meningkatkan nilai tambah melalui pengolahan produk komoditas pertanian dan tidak sampai disitu saja, bisa juga melestarikan fungsi lingkungan,” ungkap Asmar.

Sementara itu, Ketua UPJA Widhatama Wayan Suryanto mengatakan, keberhasilan yang diraih kelompok UPJA tidak lepas dari pembinaan yang terus-menerus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten OKI, melalui Dinas Pertanian dan adanya perhatian serius dari Bupati OKI, Ir H Ishak Mekki MM terhadap pembangunan pertanian di wialyah Bumi Bende Seguguk.

“Mendengar UPJA mendapat penghargaan terbaik satu tingkat nasional, bupati kemudian memberikan bonus berupa 1 unit hand traktor yang sebelumnya bupati telah berbuat banyak terhadap UPJA,” kata Wayan.
 
Bupati OKI Ir.Ishak Mekki MM Mengatakan Pengahargaa Ini Harus di Pertahankan Dan Harus Menjadi Motivasi Kita untuk Meningkatkan Lagi Dalam Pengelolaan Lahan Pertanian.Jadi Kedepannya bukan Hanya POKJA Desa lubuk Seberuk yang Yang Mendapatkan Penghargaan Tapi POKJA-POKJA Yang Lain Yang Ada Di Kabupaten Ogan komering Ilir

Harapan Wayan kedepan UPJA lebih berkembang dan maju mandiri dan professional yang mampu melayani petani dalam mengelola lahan pertanian baik dalam wilayah Desa Lubuk Seberuk maupun desa lainnya dalam wilayah OKI.

Wayan menunjukan kunci keberhasilan UPJA Widhatama mendapat penghargaan terbaik 1 tingkat nasional tersebut yakni, UPJA memiliki 1 unit perontok padi, 1 unit hand traktor. Kemudian berkembang menjadi UPJA terbaik tingkat kabupaten. Kemudian, UPJA terbaik pertama tingkat Propinsi dan mendapat hadiah 1 unit pompa air dan 1 unit mesin perontok padi. Perkembangan inilah yang membuat pembinaan yang terus menerus dan tak henti-hentinya sehingga meraih penghargaan terbaik pertama di tingkat nasional.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.