MAKSIMALKAN PENDIDIKAN PEMKAB OKI BANGUN 7 SEKOLAH BARU

Untuk memaksimalkan pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) serta dalam rangka meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar (KBM), Dinas Pendidikan Nasional (diknas) kabupaten OKI pada tahun anggaran 2012 ini akan membangun sedikitnya 7 gedung sekolah baru yang terdiri dari SD, SMP dan SLTA, mengingat minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya sudah tinggi dan banyak sekolah yang kekurang ruang kelas.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Dinkas) Kabupaten OKI, Qomarus Zaman, kepada sejumlah wartawan kemarin, mengatakan, 7 gedung sekolah baru yang akan dibangun tersebut yakni 1 Gedung SD, 3 Gedung SMP dan 3 Gedung SMK Negeri.

”Kita targetkan pembangunannya dimulai tahun 2012 ini, ada yang menggunakan anggaran APBD dan APBN,” ujar Qomarus.

Untuk Gedung SMK masing-masing akan dibangun di Kecamatan Jejawi, Kecamatan Sungai Menang, dan di Kecamatan Lempuing Induk.

” Dikecamatan Jejawi akan kita bangun gedung SMK, lahanya sudah ada tetapi masih terkendala harga ganti rugi lahan tersebut, sementara kita hanya menyediakan anggaran pembangunan gedungnya saja ,” ujarnya.

Semetara untuk Pembangunan gedung SMK 1 Kecamatan Sungai Menang, juga masih terkendala lahan, karena lahan tersebut merupakan milik perusahaan swasta dan mereka tidak ingin memberikan lahan tersebut, meski demikian tetap akan di cari lahan lain.

” Sementara untuk pembangunan SMK di Kecamatan Lempuing induk sudah tidak ada kendala lagi, sudah ada 2 ha lahan dan siap dibangun gedung sekolah,” uterangnya.

Pihaknya menargetkan setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering ilir harus ada satu sekolah SMK, sehingga setiap tahun diknas gencar untuk membangun Gedung SMK baru di setiap Kecamatan.

” Saat ini baru ada 7 Kecamatan yang memiliki Sekolah SMK, 18 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten OKI kita targetkan semuanya memiliki Sekolah SMK Negeri,” jelasnya.

Selain membangun Gedung SMK baru, Dinkas juga akan membangun 3 Gedung SMP negeri, masing-masing di Kecamatan Sungai Menang, SMP I Kecamatan Pedamaran Timur dan melanjutkan perbangunan gedung sekolah SMP N 4 Desa Kota Bumi, Kecamatan Tanjung Lubuk.

” Untuk lahannya sudah tidak ada masalah lagi tinggal melakukan pembangunan saja, kemudian untuk SMP 4 pembangunannya sudah dimulai 2011 kemarin, sekarang tinggal melanjutkanya saja, pembangunanan gedung SMP 4 ini menggunakan dana APBN,” jelasnya.

Kemudian untuk gedung SD Negeri yang akan dibangun di tahun 2012 ini hanya satu sekolah, yakni SD Negeri Dusun Sukaramai Kecamatan Cengal yang ambruk beberapa waktu lalu, sekolah ini akan dibangun dnegan menggunakan dana DAK.

” Selama ini SD Sukaramai itu maish menginduk ke SD N 2 Desa Cengal, tahun ini akan kita jadikan SD Negeri, gedungnya akan kita bangun sendiri dan tidak lagi menginduk ke SD N 2 Cengal,” beberanya.

Pembangunan gedung sekolah, perbaikan dan perawatan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), mencapai Rp 30 Milyar, karena memang peruntukan DAK itu 80% diperuntukan pembangunan fisik sementara 20% digunakan untuk non fisik seperti perlengakapan sekolah, ATK dan lain-lain.” Jelasnya. 

(Jang Em)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.