BUPATI OKI MELANTIK TUJUH KEPALA DESA

Dalam rangka memberdayakan dan sekaligus mengoptimalkan jajarannya ditingkat aparatur desa, jumat (17/2)  Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir. H. Ishak Mekk MM di Bende seguguk dua  melantik 7 kepala desa (kades) dalam wilayah Kab. OKI.
Ke 7 kades ini dilantik dan diambil sumpahnya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 72 tahun 2005 tentang Desa, Peraturan Daerah (Perda) Kab. OKI No. 6 tahun 2006 tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, dan Peraturan Bupati (Perbup) OKI No. 20 tahun 2007 tentang Tata Cara Pencalonan dan Pemilihan Kepala Desa, serta merupakan hasil dari pemilihan kades yang dimulai dari tanggal 26 Februari - 21 Maret 2009

Pada kesempatan itu, Bupati OKI dalam pidatonya di depan undangan yang juga tampak hadir  Wakil Bupati OKI H. Engga Dewata Zaenak S.Sos, Ketua DPRD OKI, Kapolres OKI AKBP, Dandim 0402,  Kajati, jajaran pemkab dan dinas OKI, Camat serta ke 7 kades, mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 7 kades merupakan hasil proses pemilihan kades dari hasil pemilihan langsung (pilsung) oleh masyarakat di desa yang sudah diatur dalam perundang-undangan.

"Perlu kita sadari bahwa proses ini adalah proses demokrasi dimana masyarakatlah penentunya dan menentukan figur sosok pimpinan pilihan masyarakat.

Harapan saya, lanjut Ishak, dengan sudah menjabat sebagai kades, diharapkan dapat memberikan contoh yang baik bagi warganya disamping melaksanakan tugas pembangunan bersama-sama  bekerjasama dengan masyarakat, pemerintahan desan dan Badan Pengawas Desa (BPD). "Disinilah kades perlu adanya kerjasama dengan masyarakat dan seluruh perangkat desa dan juga harus melaksanakan tugasnya seperti yang telah diamanatkan Pancasila dan UUD 1945," ucapnya.

Kades dalam tugas kesehariannya melayani masyarakat akan dibantu oleh Sekretaris Desa (Sekdes). "Sekdes dalam tugasnya selain membantu kades juga bertanggungjawab terhadap kades yang memang titik berat tugasnya adalah mengelola administrasi," lanjut Ishak.

Bupati masih dalam pidatonya mengingatkan kepada kades untuk mampu mengayomi dan melayani masyarakatnya. "Kades jangan sampai membuat kecewa masyarakatnya karena kades adalah panutan masyarakatnya sendiri,".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.