FORUM SKPD KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Bertempat di Gedung Kesenian Pemkab. OKI, Senin 27 Februari 2012, berlangsung acara Forum SKPD Kabupaten Ogan Komering Ilir 2013. Hadir dalam acara tersebut Bupati OKI yang diwakili oleh Wakil Bupati, Asisten II, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKI. 

Ketua Panitia Pelaksana Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Pengembangan Daerah Kab. OKI, Ir. Man Winardi, MTP mengatakan dalam laporanya bahwa pelaksanaan Forum SKPD di Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2013 dasar hukumnya ada beberapa undang – undang yang mendasari yaitu diantaranya; Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Undang – Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pusat dan Daerah, Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025. Dijelaskan juga maksud dan tujuan pelaksanaan Forum SKPD ini adalah merupakan Sub Sistem Mekanisme Perencanaan Pembangunan Daerah yang harus kita laksanakan, maksudnya adalah sebagai Forum Musyawarah Daerah para pemangku kepentingan (Stakeholders) di tingkat Kabupaten dalam rangka mematangkan rancangan awal RKPD di Kabupaten OKI Tahun 2013, sedangkan tujuan Forum SKPD ini adalah mensinkronisasikan dan mengintergrasikan program kegiatan yang diusulkan oleh SKPD, Kecamatan dan pokok – pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten OKI Tahun 2013. Disampaikan juga bahwa Forum SKPD ini akan dijadikan kajian dan sekaligus kesepakatan dalam musyawarah perencanaan pembangunan sebagai bahan masukan rancangan akhir rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten OKI yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 maret 2012 yang akan datang. 

Sementara itu Bupati OKI dalam sambutannya yang diwakili oleh Wakil Bupati Kab. OKI, H. Engga Dewata Zainal, S.sos mengatakan bahwa Forum SKPD Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2013 didasari oleh beberapa Pokok – Pokok RKPD beberapa diantaranya; Capaian Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Kab. OKI, Trend Nilai Komponen IPM Kab. OKI Tahun 2004 – 2011, Target MDGs, RPJMN, RPJMD dan Realisasi RPJMD Kab. OKI, Isu Strategis Pembangunan Berdasarkan RPJMD Kab. OKI 2009 – 2014, Kebijakan Umum Pembangunan Berdasarkan RPJMD Kab. OKI dan Permasalah Pembangunan. Dijelaskan juga bahwa ada 7 Prioritas Pembangunan 2013 diantaranya adalah; penanggulangan kemiskinan, pembangunan infrastruktur wilayah, program wajib belajar 9 tahun, pelayanan kesehatan dan lain sebagainya. Selain itu ada juga Program – program unggulan 2013 yang meliputi; pemandirian masyarakat miskin, pembangunan infrastruktur, perluasan pelayanan pendidikan, peningkatan dan perluasan layanan kesehatan, perluasan lapangan kerja dan pemanfaatan dan pengendalian lahan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.