IWAN FALS BERI PENCERAHAN REMAJA

KAYUAGUNG RADIO - Musisi Iwan Fals (50) terkejut ketika mengetahui akan tampil dalam acara pentas seni Live Our Inspiration yang digelar SMA Negeri 2 Makassar . "Saya kira akan tampil di acara reuni karena rasanya genre musik saya terlalu tua untuk para remaja," seloroh Iwan di hadapan ratusan siswa, pekan lalu.

Kiprah Iwan sebagai aktivis lingkungan selama tiga tahun terakhir dianggap menginspirasi para remaja. Panitia pentas seni pun memasukkan program menanam pohon di pesisir Tanjung Bunga untuk mengakomodasi kebiasaan Iwan sebelum manggung. Dalam dua kali kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan, sebelumnya Iwan menanam ribuan pohon trembesi (Samanea saman) di sepanjang kanal.

Kepedulian tersebut juga muncul dari sejumlah lagu-lagu Iwan yang mengangkat tema alam dan lingkungan. "Ketimbang mengkritik politik yang penuh intrik, jauh lebih konkret menggugah masyarakat untuk melestarikan lingkungan," ujarnya.

Di tengah keasyikannya berbicara soal lingkungan, Iwan teringat almarhum putranya, Galang Rambu Anarki, yang meninggal saat berusia 15 tahun (1997). "Waktu SMA, Galang pernah bilang, 'Aku mau berhenti sekolah karena buat apa kalau setiap hari isinya hanya mencontek'," kenangnya. Iwan mengingatkan para remaja untuk belajar jujur sebagai bekal memperbaiki kondisi negara.

Sumber :Kompas Cetak
Diberdayakan oleh Blogger.