Pernah Coba Kue Lumpur Sidoarjo?

KAYUAGUNG RADIO - Mendengar kata lumpur, mungkin di benak Anda adalah Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. Tapi bagaimana dengan kue lumpur Sidoarjo? Pernahkah Anda mendengar?
Ternyata di Sidoarjo, memang ada kue lumpur Sidoarjo. Kue inipun sudah ada sebelum terjadinya tragedi Lumpur Lapindo di Sidoarjo.
Jadi dinamakan kue lumpur bukan pengaruh dari peristiwa Lumpur Lapindo, melainkan karena kue ini memiliki isi yang berbentuk seperti lumpur yaitu teksturnya yang agak lembek di tengah dan meleleh di mulut ketika dimakan.

Di Sidoarjo hanya ada satu penjual kue lumpur yaitu Kue Lumpur Muda Mudi yang terletak di Jalan Hang Tuah No. 45, Sidoarjo, atau sekitar 500 meter dari Alun-Alun Kota Sidoarjo.

Kue Lumpur Muda Mudi ini cukup terkenal karena cita rasa kuenya yang gurih. Itu lantaran ada irisan kelapa muda di bagian atas kue. Kue berbahan dasar terigu, telur, dan kentang ini terasa lembut saat dikunyah.

Tersedia dua pilihan kue lumpur, yaitu kue lumpur yang biasa dan kue lumpur kelapa. Soal rasa sama saja enaknya, tinggal tergantung selera Anda. Jika Anda ke Sidoarjo, maka jangan lupa membeli kue lumpur sebagai oleh-oleh.

Usaha kue lumpur ini memang sempat menurun drastis akibat peristiwa Lumpur Lapindo Sidoarjo. Namun keadaan tersebut tidak berlangsung lama dan penjualan kue lumpur kembali maju.

Pelanggan kue lumpur tak hanya berasal dari sekitar Sidoarjo. Belakangan, kue ini juga dijadikan oleh-oleh khas daerah itu. Pembeli datang dari berbagai wilayah, seperti Surabaya, Jakarta, Kalimantan, Sulawesi, Batam.

Biasanya para pembeli yang datang atau yang memesan hanya dilayani mulai jam setengah 7 pagi sampai jam 5 sore setiap hari, kecuali hari libur di Senin Harga kue lumpur Rp 1.250 - Rp 1.500/ buah). (Berbagai sumber)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.