Agar Warna Brokoli Tidak Pudar

KAYUAGUNG RADIO - Sayuran berwarna hijau memiliki kandungan vitamin A, C, K, E, zat besi, sampai magnesium, yang sangat tinggi. Salah satu contohnya brokoli, yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker, membantu menormalkan kadar gula darah, hingga membantu program diet karena kandungan seratnya yang tinggi.
Kandungan vitamin C pada brokoli terbukti lebih tinggi daripada satu butir jeruk. Brokoli juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi, yang sangat berguna untuk membantu pembentukan otak janin selama hamil dan menyusui.
Sayangnya, semua jenis vitamin ini tergolong mudah larut dalam air sehingga sekitar 50 persen vitamin ini akan hilang ketika brokoli direbus. "Merebus brokoli tidak hanya akan menghilangkan vitaminnya, tetapi juga membuat penampilan brokoli ini tidak lagi hijau segar, sangat layu dan tidak menarik," ujar Amanda Junker, kontributor majalah Prevention.
Agar vitaminnya tak terlalu banyak hilang dalam air, sebaiknya masak brokoli ini dengan cara mengukusnya. "Didihkan air, kemudian di dalam wadah besi terpisah tempatkan brokoli di atasnya, dan kukus selama maksimal 10 menit," sarannya.
Proses pengukusan ini selain membantu mempertahankan 70 persen kandungan vitamin, khususnya vitamin C dan flavonoid dari brokoli, juga membuat warna hijau brokoli tetap terlihat segar.

Sumber: prevention.com
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.