Bugar Usai Begadang Menyaksikan Euro 2012

KAYUAGUNG RADIO - Euro 2012 tengah berlangsung, para penggemar bola pun rela begadang untuk menyaksikannya. Tetapi, bagaimana menjaga tubuh tetap bugar usai begadang?

Meski menyenangkan, para penikmat pertandingan sepak bola janganlah terlena. Siaran langsung yang disaksikan pada malam bahkan dini hari, dapat dipastikan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Meski secara umum hanya rasa kantuk yang diderita, Dr. Ari Fahrial Syam, punya informasi lainnya. Menurutnya, rutin begadang akan mengakibatkan kelelahan yang kompleks. Baginya, bukan hanya sekedar rasa kantuk karena kurangnya waktu tidur, dampak akan kesehatan yang buruk sebenarnya juga mengintai.

Dampak kelelahan bagi kesehatan seperti gangguan kesehatan secara umum menjadi risiko yang biasanya tidak terlihat. Selain itu, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh merupakan ancaman jika dilakukan terlalu sering. Dr. Ari menambahkan, kelelahan serta stres yang tinggi juga akan mengganggu proses metabolisme dan hormonal di dalam tubuh.

Kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Dampak kelelahan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan dan kondisi ini diperburuk oleh konsumsi rokok atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh yang berlebihan. Lainnya, konsumsi suplemen dan minuman berenergi yang umumnya mengandung ginseng dan kafein sebenarnya justru memperparah kondisi tubuh yang sebenarnya lemah.
Tidaklah salah untuk menyaksikan pertandingan sepak bola saat malam atau dini hari. Namun pastikan Anda menyertainya dengan mengonsumsi makanan sehat dan atur waktu tidur yang cukup.

Sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.