H. Ishak Mekki Menerima Gelar Kebangsawaan dari Keraton Surakarta

KAYUAGUNG RADIO - H. ISHAK Mekki sangatlah tepat jika diinginkan sebagian besar masyarakat Sumatera Selatan yang beragam secara budaya, menjadi pemimpin Sumatera Selatan 2013-2018. Sebab selain terbukti telah membangun berbagai kebutuhan dasar masyarakat, menjaga lingkungan hidup, juga turut menjaga keberagaman budaya masyarakat, yang merupakan ciri bangsa Indonesia.

Bukti Ishak Mekki menjaga keberagaman budaya ini, seperti dia membina tradisi dan budaya serta menganyomi masyarakat asal Jawa di Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Atas dasar itulah, Ishak Mekki dianugerahi Gelar kebangsawan oleh Keraton Surakarta Hadininggrat. Gelar Kanjeng Raden Tumenggung Ishak Mekki Notonegoro ini diberikan langsung oleh Raja Surakarta Hadiningrat Pakoeboewono XIII.

“Penyerahan gelar ini dilakukan pada Kamis (14/06/12) pekan lalu di Ndalem Kalitan Keraton Surakarta Solo,” kata Asisten II Kabupaten OKI Edward Candra kepada pers di Kayuagung, Senin (18/06/2012).

Dijelaskan Edward, mengutip pandangan Keraton Surakarta, gelar tersebut diberikan atas sumbangsih Kanjeng Raden Tumenggung H. Ishak Mekki Notonegoro yang telah berbakti dan berjasa dalam memberikan perhatian terhadap masyarakat serta kebudayaan terutama budaya Jawa di Kabupaten OKI. Selain itu pola kepemimpinan Ishak Mekki yang santun dan rendah hati serta menganyomi sangat sesuai dengan adat budaya Jawa," kata Edward.

“Penetapan nama gelar itu dilakukan melalui musyawarah kalangan dalam keraton,” ujarnya.
Seperti diketahui,  warga masyarakat Kabupaten OKI asal  Jawa mencapai 50 persen penduduk Kabupaten OKI. Mereka tersebar di 18 kecamatan, khususnya di Kecamatan Mesuji, Lempuing, Air Sugihan.
Mereka ini sebagian besar ex transmigran, yang telah menetap turun temurun dan telah menjadi bagian masyarakat Kabupaten OKI.

Sejauh ini, hubungan mereka dengan suku-suku lainnya di Kabupaten OKI berjalan rukun. Kehidupan mereka pun relatif makmur.
Pemerintah Kabupaten OKI selalu memberikan dukungan dalam pelestarian seni dan budaya Jawa di OKI. Seperti membantu peralatan kesenian, serta mendukung setiap kegiatan seni dan budaya Jawa di OKI.

Sementara Ishak Mekki, kutip Edward, mengucapkan terimakasih atas penghormatan yang diberikan, dia akan berusaha untuk menjaga marwah dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. "Pemberian gelar tersebut selain sebagai pelestarian budaya, juga sebagai penyatu antarsesama masyarakat yang ada di OKI,” kata Edward mengutip Ishak Mekki.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.