Ishak Mekki Bupati yang Cinta Pesantren

KAYUAGUNG RADIO - Ishak Mekki merupakan bupati yang cinta dengan pesantren bahkan sebelum dirinya menjadi bupati. Demikian ungkap Drs. Romzul Fayad mudir Ponpes Darunnajah, Bangun Jaya, Tanjung Batu, Ogan Ilir pada Haflah Pondok Pesantren Darunnajah ke17. Sabtu (23/06) diceritakan Romzul, berdirinya Pondok Pesantren Darunnajah ini juga atas prakarsa H. Ishak Mekki. "Ponpes Darunnajah ini memiliki Ikatan yang kuat dengan H. Ishak Mekki karena beliau memiliki andil besar dalam pembangunan Pesantren ini" Ujarnya. Dikatakannya, Pondok Pesantren yang berdiri pada tahun 1995 ini adalah pengembangan dari Ponpes Darul Falah Tanjung Jirim yang didirikan pada tahun 1941. Seiring dengan perkembangan zaman Dan dimekarkannya desa Tanjung Jirim menjadi Desa Bangun Jaya, pada tahun 1995 Ponpes ini berganti nama menjadi Pondok Pesantren Darunnajah. "Pak Ishak banyak memberikan kontribusi baik moril maupun materil dalam pembangunan Ponpes Darunnajah ini. Ketika itu seingat kami Pak Ishak masih menjadi Kepala PU Bina Margaret Kabupaten OKI. Oleh karenanya kami menganggap Pak Ishak merupakan bagian dari pesantren ini" tutur Romzul.

Pada Haflah yang ke 17 ini Ponpes Darunnajah melepas sebanyak 200 orang santri  dari TK/TPA, Dinia (setingkat SD), MTS, MA Dan SMA. Bupati OKI Ir. H. Ishak Mekki, MM yang dalam kesempatan ini diwakili Asisten 2 Setda OKI Drs. Edwar Candra mengatakan kegiatan keagamaan harus terus dikembangkan dan ditingkatkan salah satunya dengan memberikan perhatian kepada pesantren sebagai basis aqidah umat. "keberadaan pesantren sangat penting dewasa ini karena pesantren adalah wadah pembinaan ahlak anak-anak kita. Alhamdulilah Kabupaten Ogan Ilir ini dikenal sebagai basisnya pesantren dan pantas disebut kota santri" kata Edwar.  "H. Ishak Mekki sendiri sangat dekat dengan dunia pesantren karena beliau sendiri merupakan pendiri pesantren, yaitu pesantren Bait Qur'an di Kayuagung" tambah Edwar.

Diinformasikan, pondok pesantren di Kabupaten OKI telah mendapat perhatian khusus oleh Pemkab. OKI. Terbukti dengan dianggarkannya bantuan untuk 40 pesantren di Bumi Bende Seguguk ini sebesar 450 juta Rupiah. Setiap pesantren di Kabupaten OKi menerima bantuan sebesar    40 juta Rupiah tiap tahunnya. Dalam kesempatan ini H. Ishak Mekki memberikan tanda kasih sebesar 10 juta Rupiah  kepada Pengurus Ponpes Darunnajah Bangun Jaya, Tanjung Batu Ogan Ilir.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.