Perhatikan Pendidikan Bupati OKI Terima Sindo Award

KAYUAGUNG RADIO - Pendidikan merupakan pembangunan seutuhnya karena kita membangun manusia” Demikian ungkap H. Ishak Mekki setelah menerima penghargaan Sindo Award pada acara Apresiasi Simbol Kebangkitan Bangsa 2012, “Bangkitlah Indonesia” yang diselenggarakan SINDO Media di Hotel JW Marriott, Jakarta, (14/5/2012) Kamis malam.

Bidang pendidikan merupakan  program  prioritas Bupati Ogan Komering Ilir ini sejak pertama dilantik tahun 2004. Berbagai upaya perbaikan dilakukan untuk memajukan pendidikan masyarakat Kabupaten OKI. Mulai dari penyelengaraan sekolah gratis pada sekolah negeri maupun swasta yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan; gedung sekolah, ketersediaan dan kualitas guru, sampai pada pemerataan pendidikan hingga kepelosok desa terpencil. Tidak hanya itu, perlengkapan sekolah; buku, tas, pakaian seragam juga diberikan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. “biaya sekolah yang gratis saja tidak cukup anak-anak perlu pakaian, perlu buku. Maka harus kita siapkan” ujar Ishak. Dalam kunjungan ke desa-desa Ishak juga selalu berpesan”kalau ada anak usia sekolah tidak bersekolah, segera dilaporkan agar dapat bersekolah dan mengenyam pendidikan” Bidang pendidikan diperhatikan betul oleh H. Ishak Mekki karena Ia yakin benar membangun bidang pendidikan menyiapkan generasi penerus.

Kemajuan yang telah dicapai sebagai hasil dari kerja keras pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) ini dapat dilihat melalui besaran Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten OKI yang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir  terus meningkat.  Pada Tahun 2006 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten OKI sebesar 69,03, Tahun 2007 naik menjadi 69, 15, Tahun 2008 sebesar  (69, 64), 2009, sebesar 70,06 dan 2010 mencapai 70,61 dan angka buta masyarakat Kabupaten OKI terus mengalami penurunan pada tahun 2004 awal kepemimpin H. Ishak Mekki angka melek hurup masayarakat OKI mencapai 5,7%  tahun 2010 menurun sampai 2,2%. Penurunan yang cukup signifikan dan akan terus diturunkan hingga akhir kepemimpinan.

Atas segala upaya ini  SINDO Media memberikan penghargaani kepada H. Ishak Mekki sebagai kepala daerah yang memberikan perhatian besar kepada pendidikan. Acara Apresiasi Simbol Kebangkitan Bangsa yang digelar SINDO Media ini merupakan bentuk apresiasi kepada instansi pemerintah, pemerintah Daerah, perusahaan dan ivdividu atas prestasi di bidang pendidikan, konstruksi, kerajinan tangan, pengiriman, teknologi, olahraga,dan perbankan.


Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan,penghargaan Apresiasi Simbol Kebangkitan Bangsa 2012 sangat penting. Sebab di tengah krisis dan kegalauan bangsa, ternyata masih ada inspirator bangsa. “Acara ini sama persis dengan pepatah yang mengatakan,‘ Jika tak bisa melakukan hal besar kepada masyarakat, maka lakukanlah hal kecil dengan cara yang besar’. Ini dilakukan SINDO Media melalui acara ini,” kata Irman

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengatakan upaya mendorong semua pihak untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan merupakan langkah positif dan perlu terus dilakukan. Hal ini berkaitan dengan kompleksitas bidang pendidikan yang selalu besar.Selain itu, ilmu pengetahuan tak akan pernah habis dan pendidikan pasti berkaitan dengan masa depan. “Maka itu ujung pendidikan adalah mencerdaskan bangsa dan ciri bangsa cerdas ada tiga,yakni orientasi solutif nondestruktif, penyelesaian masalah selalu dengan biaya murah, dan dalam menyelesaikan masalah selalu berpegang pada harkat dan martabat,” ucap Nuh.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.