Pemkab. OKI Terus Majukan Koperasi

KAYUAGUNG RADIOPembangunan koperasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir dari tahun ke tahun menunjukkan kemajuan. Hal ini tergambar dari tumbuh dan berkembangnya koperasi di 18 Kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir demikian ungkap Bupati OKI yang diwakili Sekda OKI Ir. Ruslan Bahri, MT pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di Pendopo Kabupaten OKI, Rabu (18/7/2012).
“Jumlah koperasi per Maret 2012 mencapai 331 unit dengan 68.908 jumlah anggota, volume usaha mencapai Rp. 216,6 Milyar, modal yang dimiliki mencapai 155,9 M, dengan total aset mencapai (333,5 M) serta mampu menyerap tenaga kerja sebanyak lebih 2.000 orang” Ujar Ruslan.
Melihat tingginya potensi Koperasi ini, maka prioritas pembangunan bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten OKI terus digalakkan Ujar Ruslan. Untuk itu Dalam rangka pembinaan dan penguatan modal bagi koperasi dan UMK, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Ogan Komering Ilir serta Tim Penggerak PKK Kabupaten OKI telah melaksanakan program-program antara lain : Bantuan peralatan-peralatan Industri dan Kerajinan, Pinjaman Dana Bergulir Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Koperasi, Pemberdayaan Ekonomi Koperasi Pondok Pesantren, Pengembangan Unit Usaha Simpan Pinjam dan Waserda Koperasi, Penyediaan Dana Sosial, Khusus Untuk Koperasi Wanita dan Koperasi lainnya Dan Pemberian Dana bantuan/ Hibah Kepada Kelompok-kelompok Usaha yang di kelola Wanita ( Kelompok UP2K ) yang Potensial di Kecamatan.
 “Semua usaha yang kita lakukan  ini bertujuan untuk memacu laju pertumbuhan pembangunan bidang Koperasi dan UMK dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat OKI” pungkas Sekda OKI ini dihadapan ribuan ribuan pengawas, pengurus, anggota serta  insan koperasi lainnya se Sumatera Selatan
Pada peringatan Hari Koperasi tingkat Provinsi Sum-sel kali ini Koperasi Abdi Dalem Desa Bina Karsa Mesuji Makmur menerima penghargaan Dekopin Award yang diberikan langsung oleh Wakil umum Dewan Koperasi pusat Hj. Khofifa Indar Parawansa. Khofifah mengatakan untuk memotivasi insan koperasi pada setiap peringatan hari koperasi hendaknya diberikan penghargaan kepada pengurus atau badan usaha koperasi yang berhasil memajukan koperasi di wilayah masing-masing.
Triyono Ketua Koperasi Abdi Dalem ketika ditemui setelah acara mengatakan terkesan dengan penghargaan Dekopin Award yang diterima koperasinya. Diceritakan Triyono bahwa koperasi Abdi Dalem berdiri sejak tahun 2004 dan saat ini beranggotakan sebanyak 1425 anggota dengan omset mencapai 25 milyar rupiah. “Alhamdulilah mendapat penghargaan dari Ibu Khofifah, Koperasi Abdi Dalem berdiri sejak tahun 2004, anggota sekarang sudah mencapai 1425 orang dan Alhamdulilah omset kita saat ini mencapai 25 Milyar Rupiah” tutur Triyono. Koperasi ini tambahnya telah meraih berbagai prestasi diantaranya sebagai Koperasi berprestasi tingkat satu provinsi dan tingkat tiga  Nasional pada tahun 2009. Koperasi yang bergerak pada usaha simpan pinjam ini tambahnya terus  dikembangkan jenis usahanya “selain simpan pinjam saat ini kita sudah melayani transfer uang, pembayaran kredit, rekening listrik dan sekarang kita sedang kerjasama dengan pihak waralaba untuk mendirikan beberapa mini market” tutur Triyono.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.