Jemima Ingin Lebih Bersenang-Senang Di Album Ke-2

KAYUAGUNG RADIO - Sekitar satu tahun telah berselang sejak penyanyi dan pencipta lagu wanita bernafas soul, Jemima, merilis album perdana yang bertajuk sama dengan namanya.

Album tersebut memang dirilis secara swadaya dengan bantuan distribusi dari Demajors, namun album kedua Jemima akan menjadi rilisan pertamanya dengan Organic Records, label rekaman independen yang juga menaungi Maliq & D’Essentials, Twentyfirst Night, hingga Sir Dandy.

Jemima membocorkan bahwa perlakuan album keduanya akan berbeda dibanding album perdana. “Album pertama harus dirilis secara fisik karena itu merupakan identitas diri. Di album kedua, saya mau lebih bersenang-senang. Nggak menutup kemungkinan semua lagu akan saya jadikan single lalu lempar ke publik untuk unduh bebas,” terangnya.

Ia lalu mengungkapkan bahwa bahasa akan menjadi faktor pembeda lain antara album perdananya dengan kedua yang masih belum memiliki titel ini. Jika mayoritas album Jemima diisi dengan lagu-lagu berlirik bahasa Inggris, kali ini songstress bernama lengkap Jemima Sylvia Wilma Maria Iskandar ingin berkonsentrasi menulis lagu dalam bahasa Indonesia.

“Saya ingin selalu berkembang, dan mempelajari penulisan lirik dalam bahasa Indonesia adalah salah satu unsur pertumbuhan bagi saya. Sejauh ini saya baru menulis dua lagu berbahasa Inggris, sisanya bahasa Indonesia,” ujar Jemima yang kemudian menjelaskan bahwa jumlah lagunya di album kedua masih belum dapat dipastikan.

Kesuksesan album perdana Jemima yang menuai banyak pujian diakui memberikan beban baginya, namun ia tak mau ambil pusing. Bahkan Jemima ogah bermain aman dan merasa wajib untuk terus bereksperimen selama masih memiliki energi dan hasrat untuk berkarya. Ia menambahkan, “Saya bisa bilang kalau saya menulis lagu-lagu yang lebih bagus untuk album kedua ini. Lebih catchy, lebih manis, lebih jujur, dan tidak terlalu banyak beranalogi seperti di album pertama agar semua cerita bisa tersampaikan dengan penuh.”

Beberapa hari lalu, tepatnya pada Senin (6/8) lalu, melalui akun Soundcloud, Jemima telah merilis single perdana berjudul “Sinner’s at Work” yang nantinya akan dicantumkan pada album kedua. Berbeda dengan lagu-lagu Jemima pada album perdana yang organik, “Sinner’s at Work” mengandung banyak bebunyian aneh. Ini adalah ulah kibordis Maliq & D’Essentials, Ilman Ibrahim, yang bertindak sebagai produser lagu ini.

Walau begitu, karakter lagu “Sinner’s at Work” tidak akan menggambarkan album secara keseluruhan. Jemima mengungkapkan, “Lagu ini sebenarnya dimulai dari Ilman Ibrahim yang punya musik dan nggak tahu mau diapakan, sementara gue punya lirik yang nggak tahu mau diapakan. Kami nikahkan keduanya, dan hasilnya seperti itu.”

Ketika ditanya soal kemungkinan Ilman menjadi produser album keduanya secara keseluruhan, Jemima menjawab: “Ilman termasuk salah satu orang yang mengerti karakter saya dan yang bisa menumpahkan ide saya ke dalam kemasan audio. Kami berdua masih belum tahu rencana kerja ke depannya seperti apa untuk keseluruhan album, yang pasti kami akan lanjut bekerja sama setelah ‘Sinner’s at Work’.”

Lirik lagu “Sinner’s at Work” sendiri berbicara soal manusia yang senang main hakim sendiri seolah dosa mereka tidak sebanyak manusia lainnya. “Kasarnya, itu kan urusan saya dengan Tuhan, dosa saya, hak saya, kewajiban saya. Lebih baik mendoakan daripada mencibir,” jelas Jemima. Selain itu, “Sinner’s at Work” juga menampilkan vokalis Twentyfirst Night, Dimas, sebagai penyanyi tamu.

Sumber : rollinstone.co.id

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.