Ribuan Wisatawan Nikmati Perayaan Midang di Kayuagung

KAYUAGUNG RADIO -  Selama tiga hari (21-23/08/2012) perayaan midang di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, sekitar 10.000 wistawan lokal dan mancanegara yang datang ke kota yang dibelah Sungai Komering itu. “Sekitar 10. 000 wisatawan yang datang ke Kayuagung selama perayaan midang. Mereka sebagian besar wong Kayuagung atau warga OKI yang berada di perantauan, serta mereka yang memang ingin menikmati tradisi midang,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab OKI Sudiyanto kepada wartawan di Kayuagung, Jumat (24/08/2012).
Selama tiga hari itu semua hotel dan penginapan di Kayuagung penuh, termasuk rumah-rumah warga dipenuhi kerabatnya yang mudik dan menikmati tradisi midang di Kayuagung. Tak heran, di tengah teriknya matahari, para pengunjung itu memenuhi taman, dan tangga-tangga raja yang berada di sepanjang Sungai Komering. “Wisatawan mancanegara itu di antara dari Prancis dan Jerman,” katanya.
Sebagai penutupan perayaan midang di Kayuagung yakni digelarnya lomba perahu bidar mini yang diikuti perwakilan 13 kelurahan di Kayuagung. Sebagai pemenangnya tahun ini bidar dari Desa Kedaton. Berbagai rangkaian acara midang tahun ini antara lain pawai pakaian adat yang dilakukan bujang dan gadis (midang), lomba panjat pinang, berbagai lomba busana muslim, tari, musik, pertunjukkan kesenian tradisional, serta lomba perahu bidar mini. Sementara Bupati OKI Ishak Mekki, mengatakan penyelenggaraan tradisi midang merupakan upaya pemerintah dan masyarakat dalam menjalin komunikasi budaya, “Sehingga tercipta keharmonisan kebhinekaan budaya dan tradisi pada masyarakat OKI,” katanya.
“Apalagi kegiatan tahun ini sangat penuh arti dan makna, sebab selain disemangati kemenangan Ramadan juga semangat kemerdekaan Republik Indonesia. Diharapkan midang ini mendorong pemerintah dan masyarakat buat melanjutkan pembangunan sehingga OKI menjadi lebih maju dan sejahtera,” katanya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.