Pariwisata Kabupaten OKI, Terima Tourism Award

KAYUAGUNG RADIO - Kabupaten OKI, Sumsel kian diperhitungkan dikancah nasional. Hal ini terbukti dengan diterimanya Anugerah Travel Club Tourism Award (TCTA) tahun 2012 oleh Bupati Ogan Komering Ilir, H. Ishak Mekki. Senin, Malam (24/09/2012), di  Aula TVRI Jakarta. Kabupaten OKI menerima anugerah sebagai The Most Improved, yaitu penghargaan untuk pemerintah daerah yang konsisten dan memiliki perhatian penuh terhadap perkembangan pariwisata di daerahnya.  Seperti peningkatan  jumlah wisatawan, peningkatan anggaran, peningkatan jumlah pelaku usaha dan sarana wisata dan lain sebagainya.
 “Setelah melalui proses penilaian yang panjang pada tahun 2012 ini dianugerahkan Travel Club Toursm Award (TCTA) kepada 25 Pemerintah Daerah, yaitu 3 Provinsi, 9 Kota dan 13 Kabupaten” ujar DR, Johnnie Sugiarto, Ketua Penyelenggara nominasi TCTA Tahun 2012

TCTA menurut Johnnie merupakan ajang pemilihan bagi pemerintah daerah mulai dari kabupaten, kota sampai provinsi yang berprestasi dalam pembangunan, pengembangan, dan pembinaan sektor kepariwisataan

Menurutnya aspek penilaian TCTA 2012 sendiri meliputi pembinaan Tata Pamong, aspek program dan penggangaran pariwisata, aspek pemberdayaan masyarakat dalam kepariwisataan, aspek pengembangan ekonomi, dan aspek penilaian lapangan.

“Anugerah TCTA 2012 yang diberikan ini telah melalui proses yang ketat dan panjang.  Dalam  mengumpulkan, memverisifikasi dan mengelola data dikerjakan oleh Universitas Sahid Jakarta dan untuk memperkuat data yang diperoleh dilakukan audit ulang oleh Deloitte, yaitu sebuah lembaga auditor bertaraf internasional” Ujar Johnnie

TCTA 2012 ini juga  didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui dirjen dikti.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam sambutannya yang disampaikan Deputi  Pengembangan Destinasi Pariwisata DR. Firman Rahim mengatakan sektor pariwisata kian menunjukkan peran penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Tidak hanya berkontribusi terhadap pembangunan juga sebagai penghasil devisa dan penyerap tenaga kerja.

“Kami ucapkan terimakasih dan selamat kepada pemerintah daerah yang terus melakukan pengembangan pariwisata di daerah masing-masing. Saya berharap seluruh pemerintah daerah termotivasi untuk memahami pentingnya pembinaan dalam memajukan sektor pariwisata bagi peningkatan ekonomi rakyat”.

Sementara itu Menkoperekonomian RI, Dr. Ir. Hatta Rajasa sebagaimana disampaikan Deputi IV Edy Putra Irawadi mengatakan apresiasi seperti ini sangat penting untuk mendorong Pemerintah daerah untuk memajukan Pariwisata karena pariwisata merupakan keunggulan ekonomi Indonesia, pariwisata dapat meningkatkan investasi dan mendorong ekonomi kerakyatan.

 “Penghargaan ini sangat tepat diberikan kepada Pemda yang peduli terhadap pembangunan kepariwisataan.  Sektor pariwisata merupakan keunggulan ekonomi Indonesia, pariwisata dapat meningkatkan investasi dan mendorong ekonomi masyarakat. Terimakasih kepada kepala daerah yang telah melakuka kebaikan untuk sektor pariwisata yang saudara-saudara lakukan  dapat mendorong kemajuan pariwisata nasional” ungkap Edy.

Sementara itu Bupati OKI, H. Ishak Mekki ketika diminta memberikan sambutan mewakili kepala daerah yang menerima penghargaan mengucapkan terimkasih kepada masyarakat OKI dan berharap penghargaan ini dapat memotivasi dirinya dan Pemkab. OKI untuk terus memajukan sektor pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat

“Saya berdiri dipanggung nasional ini mewakili warga OKI. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat OKI, semoga penghargaan ini dapat memotivasi kita semua lebih memajukan sektor pariwisasta yang diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat” Ungkap Ishak pada acara yang disiarkan secara langsung oleh TVRI  nasional ini.

Anugerah TCTA tahun ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu The Best Performance, The Best Achievment dan The Most Improved. Sebanyak 80 Pemda se Indonesia ditetapkan sebagai nominator. Setelah melewati proses seleksi ditetapkan 25 Pemda sebagai peraih penghargaan.

Kabupaten OKI, Sumsel ditetapkan sebagai The Most inproved bersama Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Malang, Pangkal Pinang, Denpasar, Kabupaten Banyuwangi, Magelang dan Kabupaten Semarang. 



Diberdayakan oleh Blogger.