Ratna Listy Nikmati Tugas Sebagai Duta KAT

KAYUAGUNG RADIO - Penyanyi, pembawa acara, dan aktris Ratna Listy (39), saat ini tengah mempromosikan lagu berjudul Jangan Menyerah. Meski demikian, ia juga tak kalah sibuk menjadi Duta Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang sudah dijalani hampir dua tahun.
"Masa tugas saya berakhir Desember 2012. Kalau dipilih lagi saya bersedia. Saya sangat menikmati menjadi duta KAT," kata Ratna di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (16/9/2012).
Sebagai duta KAT, Ratna bertugas menemui dan memberikan motivasi kepada masyarakat yang termasuk komunitas adat terpencil. "Dulu, istilah itu disebut suku terasing. Mereka tinggal di pedalaman, hutan, bahkan tinggal di atas pohon sehingga belum memenuhi standar sosial dasar. Mereka harus memiliki hak yang sama dengan warga lain. Tugas itu tidak ringan tapi saya senang," ujarnya.
Ratna harus pergi ke daerah-daerah terpencil yang hanya bisa dilalui dengan ojek, perahu, atau mobil berpenggerak empat roda. Masuk hutan, menyusuri sungai, atau lewat jalur offroad.
"Saya jalankan tugas sebaik-baiknya untuk mengemban amanah," paparnya.
Ratna mengatakan, tujuan berkecimpung dalam dunia hiburan yakni mencari uang. Namun, duta KAT adalah kerja sosial yang dijalankan dengan ikhlas dan senang hati. "Kalau hitung-hitungan artis, jadi duta lebih banyak capeknya. Tapi saya anggap ibadah," katanya.
Soal lagu Jangan Menyerah, Ratna menyebut karya itu memiliki lirik antigalau. Lagu diluncurkan sekitar tiga bulan lalu. Lirik lagu itu mengajak pendengar untuk tidak terlalu be rsedih karena kehilangan cinta dan tetap semangat menjalani hidup.


Sumber : kompas.com


 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.