"Rockafada" Singkatan Dari "Rock Apa Aja Ada"

KAYUAGUNG RADIO - ROCKAFADA merupakan grup musik asal Surabaya yang dibentuk pada tahun 2002. Sebelum menggunakan nama ROCKAFADA, awal terbentuknya group musik ini dengan menggunakan nama FILL dengan personel lamanya Yudha Arya (vokal), Amax (guitar), Nanang (guitar), Tjahyo (bass), dan Januar (drum). FILL mengeluarkan Hits single pertamanya ialah Sampai Putih Rambutku dibawah label Buletin Musik Indonesia pada agustus 2003. tahun 2005 group musik FILL pecah dan dua personelnya Nanang dan Januar mengundurkan diri. 

Awal January 2009 diJakarta mulai dibentuk baru lagi oleh ketiga personelnya dengan mengganti nama FILL menjadi ROCKAFADA dengan usulan Bongki BIP. “ROCKAFADA berasal dari kata dialek afro Amerika dalam penyebutan bakunya adalah ROCK FATHER dan dalam bahasa indonesia sebagai singkatan ROCK APA AJA ADA”. April 2009 ROCKAFADA merekam lagu untuk album indie pertamanya Rock Money & Girls dan posisi Drum diisi oleh Otee personel barunya. Lagu Rock Money & Girls dirilis pada 12 desember 2009 dan bekerja sama dengan DEMAJORS untuk pendistribusian CD secara Nasional dan Kantong Musik sebagai Kontent Privider RBTnya.

Juni 2010 ketiga personel ROCKAFADA Amax, Tjahyo dan Otee mengundurkan diri, dan yang tersisa hanya Yudha Arya (vocal). Yudha tetap bertekad untuk meneruskan Bandnya dan memutuskan untuk ke Kendari (Sulawesi Tenggara) adalah kota kelahirannya. Setibanya di kota kendari Yudha Arya disambut oleh Imank yang merupakan kerabat dekatnya. Atas usulan Imank akhirnya Yudha melakukan Jam Session bersama rekannya Viant di salah satu studio musik kota kendari, disinilah Yudha berinisiatif membangun kembali group musik ROCKAFADA dengan bantuan Viant dan dukungan dari Band senior asal kendari ZHELEBES.

Yudha Arya (vocal) dan juga sebagai leader ROCKAFADA, kembali merekrut personel barunya Yance (bass) dan posisi drumer masih menggunakan adittional yaitu Viant. Di masa lalu ketiga personel ini adalah mantan goup musik ROCK yang benama YELLOW sebelum Yudha merantau kesurabaya.

Nama ROCKAFADA mulai terkenal dikalangan pecinta musik kota kendari setelah bergabung kembali ketiga personel ini, karena dimasa lalu group musik YELLOW adalah goub musik ROCK yang mempunyai bassis masa yang sangat besar dikota kendari dan disambut positif oleh publik dan para penggemar musik di Sulawesi Tenggara. Dengan bersatunya kembali mantan personel YELLOW masyarakat kendari sangat antusias untuk menyaksikan aksi panggung ROCKAFADA. Imank kerabat dekat Yudha akhirnya berinisiatif untuk mengadakan konser tour ROCKAFADA 10 kota di Sulawesi Tenggara.

Dengan bekerja sama dengan salah satu brand rokok ternama dikendari, tepatnya setelah Hari Raya Idul Fitri september 2010 akhirnya ROCKAFADA menjalankan “SPIRIT GROUND TRAILER TOUR with ROCKAFADA dengan menggunakan panggung Trailer Truck. Dengan konser tour mendatangi 10 kota di Sulawesi Tenggara, di tiap kota mendapat sambutan yang sangat meriah oleh para penonton dan ini diluar dari dugaan panita penyelenggara acara. Bahkan di salah satu kota yaitu kota Bau-Bau (Buton) jumlah penonton melebihi kapasitas VENUE yang tersedia hingga akhirnya panitia dan keamanan bertindak tegas dan menghentikan konser ROCKAFADA saat menyayikan lagu keempat yang bejudul “Hanya Tuhan Yang Tau” agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan.

Setelah suksesnya konser SPIRIT GROUNG TRAILER TOUR with ROCKAFADA Yudha Arya (vokal) melihat antusias masyarakat pada ROCKAFADA disetiap kota selama tour berlangsung, setelah tour Yudha mencoba merekam kembali album kedua ROCKAFADA dan dimulalilah proses recording album kedua yang berisi 4 (empat) materi lagu. Proses rekaman berjalan pada akhir november di GNX Studio kota kendari untuk Basic Tracknya dan dilanjutkan di Musicallo Studio Jakarta dan di bantu oleh personel yang baru Endri (guitar), Falon (bass), Rizky (drums). Karena Viant dan Yance tidak bisa ikut ke Jakarta. Proses rekaman selesai pada desember 2011 di Jakarta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.