Ishak Mekki Raih “IGA 2012”

KAYUAGUNG RADIO - upati Ogan Komering Ilir, H. Ishak Mekki menerima penghargaaan “Innovative Goverment Award" (IGA) Tahun 2012. Penghargaan ini diperoleh setelah Kabupaten OKI terpilih menjadi salah satu nominator peraih IGA Award Tahun 2012 dari pemerintah pusat.

Di Provinsi Sumsel, OKI merupakan satu-satunya kabupaten yang masuk dalam nominasi. Terpilihnya Kabupaten dengan sebutan Bumi Bende Seguguk ini terkait keberhasilannya melakukan terobosan berbagai program di bidang pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

“Banyak pemerintah daerah yang melakukan inovasi dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mencermati hal itu Kemendagri memberikan apresiasi terhadap kreativitas dan inovasi Pemda ini “ ungkap Sekretaris Jendral Kemendagri Diah Angrraini

Diah  menjelaskan, setelah melalui proses kajian dan penilaian kepada 108 Kabupaten/kota yang diidentifikasi, Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada 30 kabupaten/kota se-Indonesia yang memiliki inovasi dalam empat bidang menonjol dalam tata kelola pemerintahan.

Masing-masing pada bidang Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Pelayanan Publik, peningkatan dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat, dan Peningkatan Daya Saing Daerah.

OKI dinilai memiliki inovasi menonjol dalam bidang pemberdayaan masyarakat, yaitu pengembangan akuakultur berkelanjutan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kemiskinan.

Keberhasilan pembangunan sektor perikanan di Kabupaten OKI dinilai turut andil dalam menurutkan angka kemiskinan di Kabupaten OKI disamping pertumbuhan ekonomi yang naik, pendapatan perkapita masyarakat serta pertumbuhan sektor pertanian PDRB yang juga naik serta peran program pengentasan kemiskinan lainnya yang diluncurkan Pemkab. OKI.
Berdasarkan survey dari BPS tahun 2012, angka kemiskinan di Kabupaten OKI menunjukkan tren positif, yaitu mengalami penurunan sampai 38,86%.

Bupati OKI, H. Ishak Mekki setelah menerima penghargaan mengatakan penghargaan IGA ini merupakan hasil kerja keras semua elemen masyarakat dan inovasi yang telah dilakukan di OKI ini mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

“Penghargaan IGA 2012 ini merupakan kerja keras semua komponen masyarakat OKI. Setidaknya, dengan penghargaan ini , menunjukkan bahwa inovasi dan program yang dijalankan Pemkab. OKI bersama seluruh jajaran diakui kualitas dan manfaatnya oleh pemerintah pusat”. Ujar Ishak, Senin (7/10).
Diberdayakan oleh Blogger.