5 Cara Mengatasi Keterlambatan Bicara Pada Bayi


KAYUAGUNG RADIO - Keterlambatan bicara adalah masalah umum yang sering terjadi pada bayi. Menurut penelitian, satu dari lima bayi akan mengalami keterlambatan bicara. Namun jika bayi Anda belum bisa bicara hingg usia 2 tahun, segera konsultasikan dengan dokter. Berikut adalah lima cara meningkatkan perkembangan bicara pada bayi Anda, seperti dilansir Boldsky.

1. Sering mengajaknya mengobrol

Keterlambatan bicara membuat bayi Anda tidak tahu banyak kata untuk mengekspresikan dirinya. Oleh karena itu, berkomunikasilah dengan bayi Anda sesering mungkin, sehingga dia dapat mempelajari kata-kata baru dan memperkaya kosakata.

2. Dekripsi

Berikan gambaran jelas tentang fungsi atau kegunaan suatu barang. Misalnya, pena bisa digunakan untuk menulis. Dekripsi obyek yang dilakukan secara berulang dapat mendorong dia untuk berbicara dan belajar kata yang berbeda.

3. Membaca

Membaca adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan perkembangan bicara anak. Carilah buku bergambar sederhana untuk balita Anda. Ketika membacakan cerita untuk anak, Anda bisa menunjukkan bentuk kata dan gambarnya pada mereka.

4. Menyanyikan lagu

Menyanyi tidak hanya menghibur, tetapi juga membantu anak menambah kosakata. Jadi, jangan malas untuk sering-sering mengajak balita Anda bernyanyi.

5. Jalan-jalan ke luar rumah

Bukan hanya orang dewasa, bayi juga bisa merasa malu dengan lingkungannya. Ini bisa menyebankan masalah keterlambatan bicara lho. Oleh karena itu, ajaklah balita Anda jalan-jalan keluar atau bermain bersama teman lainnya.

Orang tua harus lebih cermat dalam merawat dan mendidik anak. Jangan sampai keterlambatan bicara berpengaruh terhadap aspek psikologis anak.



Diberdayakan oleh Blogger.