Agar Anak Giat Belajar di Rumah

KAYUAGUNG RADIO - Mengajak anak belajar di rumah terkadang menjadi sebuah ‘peperangan’ tersendiri bagi orangtua-anak. Kendati demikian, bukan harga mati anak tak akan menyukai proses belajar di rumah. Berikut beberapa kiat memacu minat belajar anak di rumah sebagaimana dipaparkan Vera Itabiliana H, Psi. , psikolog anak dari LPT-UI.

Pahami Konsep Belajar
Mengapa anak kerap tak mau belajar? Pada dasarnya anak belajar harus sesuai konsep belajar menurut mereka dan bukan konsep belajar orangtua.  Kerapkali orangtua memahami belajar sebagai kegiatan duduk di meja dan menulis/membaca. Padahal di sekolah, hal tersebut  sudah dilakukan seharian. “Diharapkan di  rumah ada metode lain yang harus diperkenalkan sehingga anak merasakan suasana yang berbeda,” ungkap Vera. 

Sesuaikan Gaya Belajar
Satu hal lagi, orangtua harus mengenali lebih dahulu gaya belajar anak seperti apa. Kadang-kadang orangtua menerapkan gaya belajar secara general saja. Konsep belajar anak pada dasarnya dapat dibedakan secara visual, kinestetik atau auditori. Anak-anak dengan kemampuan visual menonjol, cenderung lebih mudah disuruh membaca ketimbang tanya jawab. Sebaliknya, anak-anak auditori lebih suka cara belajar dengan tanya-jawab dan diskusi. Sedangkan anak-anak kinestetik tidak akan betah  disuruh duduk diam mereka suka belajar di tempat-tempat yang bebas dan menyenangkan.




Sumber : tabloidnova.com
Diberdayakan oleh Blogger.