Nanas Bisa Sebabkan Keguguran

KAYUAGUNG RADIO Pernah dengar tidak bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Hati-hati lho, bunda. Makanan yang sering disebut dapat menyebabkan keguguran tersebut bukan sekedar mitos. Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa keguguran bisa disebabkan karena salah memilih makanan.
Sebut saja salah satunya adalah buah nanas. Buah yang memiliki nama latin Ananas comosus ini bentuknya mirip seperti pinus. Rasanya segar, dengan kombinasi rasa manis dan asam. Dan biasanya cocok dinikmati sebagai jus buah atau rujak manis.
Tetapi mengapa nanas tak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?
Dapat menyebabkan keguguran
Ya, memang benar. Nanas dapat menyebabkan keguguran karena kandungan enzim bromelain di dalamnya. Enzim tersebut akan melunakkan dinding lahir dan termasuk si janin.
Terutama bila nanas yang dimakan adalah nanas muda, sangat berbahaya bagi kondisi janin di dalam perut. Sehingga disarankan bagi wanita hamil untuk memilih menu buah lain yang lebih aman.
Dapat menyebabkan kelahiran prematur
Selain itu, ibu hamil tua juga tidak dianjurkan mengonsumsi buah nanas, baik dalam bentuk potongan buah maupun jus. Enzim yang dikandung nanas, tak hanya dapat meluruhkan janin, tetapi juga menyebabkan kelahiran bayi prematur.
Menyebabkan sakit lainnya
Mengonsumsi nanas saat hamil juga dapat menyebabkan diare hingga rasa panas di ulu hati.
Sekalipun nanas kaya akan vitamin C dan dapat memperlancar pencernaan, sebaiknya selama masa kehamilan nanas harus dihindari. Konsultasikan dengan dokter Anda dan cari tahu buah mana saja yang boleh dikonsumsi dan tidak sepanjang masa kehamilan.


Diberdayakan oleh Blogger.