Bawang Putih dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Anda

Bawang-Putih-dan-Manfaatnya-Bagi-Kesehatan-Anda
KAYUAGUNG RADIO - Anda tentu mengenal bahan masakan yang satu ini. Selain berfungsi sebagai peningkat cita rasa dalam masakan, bawang putih juga banyak dikenal untuk terapi berbagai penyakit selama ribuan tahun. 
Sifatnya sebagai anti bakteri juga menempatkan bawang putih sebagai salah satu tanaman herbal yang efektif untuk membantu proses penyembuhan luka.

Bawang putih adalah bagian dari keluarga Allium dan berhubungan erat dengan bawang merah, daun bawang dan bawang bombay. Bawang putih segar (yang belum dihancurkan atau dipotong) mengandung senyawa belerang tak berbau yang disebut dengan alliin.
Ketika bawang putih dipotong atau dihancurkan, senyawa belerang lain, allicin, dilepaskan. Allicinkemudian dipecah dengan sangat cepat menjadi senyawa sulfur lainnya yang kemudian memberikan semua manfaat kesehatan dari bawang putih.
Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan Anda.

  • Bawang Putih Cegah Penyakit Jantung
    Bawang putih mencegah sel-sel darah yang diperlukan untuk pembekuan darah (platelet) menempel satu sama lain dan menempel pada dinding arteri, yang akhirnya mencegah penyumbatan arteri, sehingga memberi perlindungan terhadap stroke dan trombosis pembuluh darah koroner.

  • Bawang Putih Turunkan kolesterol Jahat
    Penelitian membuktikan bahwa bawang putih mampu membantu menurunkan kadar lemak berbahaya, yaitu trigliserida dan kolesterol “jahat” (LDL), serta meningkatkan kolesterol “baik” (HDL). Penelitian lain menunjukkan bahwa bawang putih mencegah oksidasi kolesterol LDL, sehingga mencegah LDL menempel pada dinding arteri yang akan menyebabkan berbagai masalah jantung.

  • Bawang Putih Cegah Hipertensi
    Bawang putih bertindak sebagai vasodilator, dengan cara memperlebar pembuluh darah, sehingga memungkinkan lebih banyak darah yang lewat, melancarkan peredaran darah, dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

  • Bawang Putih Cegah Kanker
    Sebuah studi oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi bawang putih, bawang merah dan tanaman lainnya dari keluarga allium dalam diet sehari-harinya, memiliki tingkat kejadian terkena kanker lambung yang lebih rendah daripada mereka yang tidak banyak mengkonsumsi makanan ini.

    Studi-studi lain juga menunjukkan bahwa bawang putih juga efektif untuk mencegah jenis kanker lainnya.

  • Bawang putih Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Bawang putih mengandung senyawa belerang yang bertindak melawan bakteri dan mencegah infeksi. Dalam berbagai studi, bawang putih telah terbukti efektif melawan mikroba seperti Candida albicans, Cryptococca meningitis, Streptococcus dan Staphyloccocus. Allicin dalam bawang putih memblok enzim-enzim yang memungkinkan organisme untuk menyerang dan merusak jaringan tubuh.

Nah, setelah mengetahui begitu besar manfaat bawang putih bagi kesehatan, maka pastikan Anda memasukkannya dalam menu masakan Anda. Selain meningkatkan cita rasa makanan, Anda pun akan mendapatkan berbagai manfaat sehatnya.




http://id.she.yahoo.com
Diberdayakan oleh Blogger.