Kiat Menjaga Imunitas di Musim Hujan

KAYUAGUNG RADIO - Di saat musim hujan seperti ini, mikroorganisme penyebab penyakit akan berkembang biak dengan cepat. Terlebih saat banjir melanda. Sanitasi yang buruk akan mempercepat penyebaran mikroorganisme dan penularan penyakit ini. Berhati-hatilah, tubuh Anda akan menjadi lebih rentan terhadap beberapa jenis penyakit.

Tubuh memiliki sistem imun sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Namun dengan lonjakan jumlah mikroorganisme, sistem imun yang biasa dapat melawannya menjadi kewalahan. Akibat sistem imun tidak berhasil melawan mikroorganisme, tubuh pun jatuh sakit.

Oleh karena itulah, perlu beberapa upaya untuk menguatkan sistem imun agar tetap kuat dan mampu menghadapi mikroorganisme penyebab penyakit meskipun jumlahnya melonjak. Berikut beberapa kiatnya.

1. Cukup tidurSudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat tidur bagi kesehatan. Sistem imun pun dapat menjadi lebih kuat hanya karena Anda memenuhi kebutuhan tidur dengan baik. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imun bekerja dengan lebih efektif.

2.  Makan teraturMakanan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kekuatan sistem imun. Makanlah tiga kali sehari dengan porsi cukup agar sistem imun tetap kuat. Anda pun harus memperhatikan gizi makanan yang Anda makan. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin, karena vitamin dapat memperkuat sistem imun Anda. Jika perlu Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

3. Rajin cuci tanganMikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun, sehingga Anda perlu mencuci tangan Anda lebih sering untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh Anda. Cuci tangan pun secara benar, yaitu dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari, dan kuku Anda menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik.

4. Mandi air dinginMusim hujan yang dingin harus mandi air dingin? Tidak perlu keberatan. Manfaat mandi air dingin sebanding kok dengan "pengorbanan" Anda. Air dingin dapat "membangunkan" syaraf-syaraf Anda sehingga Anda dapat lebih segar, aliran darah pun semakin lancar. Inilah yang akan membuat sistem imun Anda kuat.

5. OlahragaAktivitas olah fisik atau olahraga terbukti memperkuat sistem imun. Jadi, olahragalah secara teratur. Tidak perlu terlalu lama, lebih penting untuk melakukannya secara teratur. Lakukan jalan cepat, bersepeda atau jogging sekitar 30 menit, usahakan lima kali dalam seminggu.

6. Konsumsi herbal alamiMengonsumsi tanaman herbal dengan efek menghangatkan seperti jahe, ginseng, atau bawang putih dapat meningkatkan kinerja sistem imun. Campurlah herbal tadi ke dalam minuman atau makanan Anda. Selain dapat melawan dinginnya udara, Anda pun jadi tidak mudah  sakit.






Diberdayakan oleh Blogger.