Lempok Durian, Jajanan Legit Dari Sumatera

KAYUAGUNG RADIO - Setelah menikmati gulai asam pedas ikan patin dan es laksamana mengamuk, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kelegitan lempok durian khas Sumatera. Lempok adalah panganan sejenis dodol yang terbuat dari buah durian. Pembuatan lempok dilakukan secara turun-temurun dan terbilang masih sangat tradisional.

Lempok durian pun menjadi oleh-oleh yang populer di tanah Melayu, terutama bagi pecinta buah berkulit keras tersebut. Namun, harga lempok terbilang cukup mahal jika dibandingkan jenis dodol lainnya.

Terang saja, ini dikarenakan bahan dasar pembuatan lempok yang dari awal sudah mahal. Namun, rasa tetaplah segalanya. Harga mahal tak menyurutkan minat wisatawan untuk membawa oleh-oleh khas Sumatera Selatan tersebut. Bahkan, pecinta lempok durian sudah tersebar di seluruh tanah air.

Cara pengolahan lempok di masing-masing daerah sebetulnya sama. Yang membedakan adalah teknik membungkusnya. Disamping itu, jajanan lempok durian juga telah dikenal luas di luar wilayah Indonesia, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Mereka pun mengenal lempok durian sebagai makanan khas mereka.

Berminat? Harga lempok durian cukup bervariasi. Biasanya tergantung mutu dari buah durian yang digunakan. Rata-rata harga paket lempok ukuran 400 gr sekitar Rp 60.000, sedangkan untuk paket 1 kg berkisar Rp 150.000



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.