Menyentuh Hidung Dan Mulut Membuat Flu Menyebar Cepat

KAYUAGUNG RADIOSelama musim penyakit flu menyerang, Anda sebaiknya rajin mencuci tangan demi mencegah kuman menempel dan masuk ke dalam mulut. Selain itu, Anda juga tidak seharusnya membiasakan diri menyentuh hidung dan mulut karena aktivitas itu membuat flu menyebar dengan cepat.

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily (27/11), pernyataan tersebut disampaikan oleh para peneliti dari National Institutes of Health di Bethesda, Maryland.

"Setiap kali Anda menyentuh mulut atau hidung, artinya Anda juga menyalurkan bakteri dan virus yang menempel di tangan. Sehingga Anda akan semakin mudah terserang penyakit, terutama jika keadaan tangan Anda kotor akibat menyentuh benda lainnya," terang peneliti Dr Wladimir Alonso.

Dr Alonso dan tim peneliti tepatnya melibatkan 249 responden di tempat umum di Washington DC. Peneliti menganalisis seberapa sering mereka menyentuh benda-benda di sekitar dan kemudian mulut serta hidung responden.

Peneliti lantas menemukan kalau banyak orang rata-rata menyentuh wajahnya 3,6 kali dalam satu jam dan benda lain sekitar 3,3 kali selama sejam. Kebiasaan menyentuh ini bahkan lebih sering daripada mencuci tangan untuk menjaga kebersihan.

Selama ini, rekomendasi kesehatan yang tersebar adalah agar orang-orang rajin mencuci tangan untuk mencegah serangan penyakit. Tetapi hal tersebut sepertinya perlu diubah menjadi memberikan pengertian pada orang-orang agar tidak terlalu sering menyentuh wajah mereka.

"Kalau flu biasa yang menyerang, tidak masalah. Tetapi bagaimana jika itu adalah virus saluran pernapasan yang berbahaya? Daripada menunggu diobati, lebih baik mencegahnya dengan cara tidak menyentuh hidung dan mulut sesering mungkin," tegas Dr Alonso.

Penelitian mengenai kebiasaan menyentuh wajah yang bisa membuat flu menyebar cepat ini pun telah dilaporkan dalam jurnal Clinical Infectious Diseases.



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.