Tips dan Persiapan Menghadapi Bencana Banjir

KAYUAGUNG RADIO - Bencana banjir telah melanda Jakarta. Banyak wilayah di sana terendam banjir yang sudah menjadi langganan di kota metropolitan ini. Namun, Indonesia masih akan melalui puncak hujan hingga pertengahan Februari mendatang. Tak ada salahnya untuk lebih siaga terhadap kemungkinan terburuk dari cuaca yang tak menentu ini.
Banjir memang menjadi resiko terburuk saat musim hujan. Bila Anda tinggal di tempat yang rawan bencana banjir, tidak ada salahnya melakukan beberapa tindakan antisipasi dan penyelamatan berikut ini.

1. Letakkan surat dan barang berharga di lemari bagian atas
Beberapa orang menyimpan barang dan dokumen berharga di dalam laci atau lemari. Namun usahakan Anda tidak menyimpan di bagian bawah untuk mengurangi resiko terendam. Masukkan surat berharga Anda dalam satu koper atau tempat yang kedap air untuk memudahkan penyelamatan bila memang harus meninggalkan rumah ketika banjir datang.

2. Amankan saluran listrik dan barang elektronika
Barang-barang elektronik sebaiknya dicabut dari stop kontak untuk menghindari resiko korsleting. Upayakan stop kontak Anda dalam posisi cukup tinggi dan tidak terjangkau air saat banjir datang.

3. Penyelamatan anggota keluarga yang sakit atau manula
Biasanya butuh penanganan yang ekstra hati-hati pada mereka yang sakit, cacat atau manula. Upayakan Anda sudah menyediakan akses dan memprioritaskan mereka untuk diselamatkan terlebih dahulu, apabila banjir memaksa Anda sekeluarga untuk mengungsi.

4. Tanggap informasi lingkungan sekitar
Selalu update informasi terkini mengenai kondisi sekitar wilayah Anda. Biasanya aparatur lingkungan sudah bekerja sama dengan warga dan lembaga sosial tertentu untuk tanggap terhadap bencana. Tetap sayangi lingkungan Anda dengan menjaga kebersihan untuk mengurangi resiko banjir.

5. Yang harus dibawa saat banjir
Bawalah barang-barang yang penting dan pokok, seperti pakaian, alat komunikasi, uang dan sebagainya. Tetap tenang dalam menghadapi bencana. Berkomunikasi dan bekerjasamalah untuk bisa saling menyelamatkan saat kondisi terburuk menghampiri kita.
Keamanan lingkungan dari bencana banjir adalah tanggung jawab bersama. Namun bila resiko banjir tak terelakkan lagi, ada baiknya Anda sudah menyiapkan beberapa hal di atas.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.