Zaman Berubah, Yopie Latul Berkutat dengan Lagu Daerah

KAYUAGUNG RADIO - Musisi Yopie Latul kini lebih banyak berkutat di lagu-lagu daerah. Alasannya, musik yang saat ini merajai pasar berbeda dengan musik yang diusungnya. Ia sadar, zaman sudah berubah. Bahkan, umur sebuah lagu bisa sangat singkat dibandingkan era 80-an. "Era sudah lain, musik pop juga sudah lain," katanya.

Bersama kawan-kawan asal Maluku, ia tidak saja bernyanyi bersama, tetapi juga mencipta bersama. "Lagu-lagu daerah saya kasih sentuhan reggae atau salsa," katanya.

Tidak hanya lagu daerah, lagu rohani pun ia beri sentuhan musik salsa. Seperti saat tampil dalam acara Perayaan Natal 2012 Mabes TNI AD, pekan lalu, lagu pertama berasal dari album ciptaannya. Sementara lagu kedua, "Biar Bumi Akan Berlalu", diaransemen dengan warna salsa.

Yopie kini sering tampil dalam berbagai acara, sementara albumnya juga banyak yang beredar di kawasan timur Indonesia. "Di situ ada pasarnya," ujar Yopie.

Pria yang lahir di Ambon, 7 September 1955, ini masih terlihat fit. Ia mengatakan, resepnya, antara lain, tidak merokok dan minum minuman keras. "Saya juga suka makan ikan. Biasa, orang Ambon begitu, kan," kata pelantun lagu "Kembalikan Baliku" ini. (EDN)






Sumber : Kompas Cetak
Editor : Ati Kamil
Diberdayakan oleh Blogger.