Cara Pintar Hemat Bensin Saat Mengemudi

KAYUAGUNG RADIO - Banyak yang tidak sadar kalau kebiasaan menyetir juga memengaruhi konsumsi bahan bakar, lho. Yuk, simak tip berikut agar bensin lebih hemat.
  • Pertahankan Kecepatan
Ketika menaikkan kecepatan mobil, tenaga yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih besar dan berakibat bensin yang terbuang juga jadi lebih banyak. Jika Anda bisa mempertahankan keceparan kendaraan, maka energi yang terpakai dapat berkurang sehingga bahan bakar juga menjadi lebih hemat.
  • Kontrol Rem
Mengerem kendaraan dengan ekstrem bisa mengakibatkan borosnya bahan bakar. Jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan Anda, agar pengereman mendadak bisa dihindari.
  • Matikan Mesin Saat Tidak Diperlukan
Matikan mesin kendaraan saat Anda sedang berada di perhentian singkat yang menghabiskan waktu lebih dari 60 detik. Sekarang juga sudah banyak lampu lalu lintas yang dilengkapi oleh timer, sehingga Anda bisa tetap melihat berapa waktu yang akan diperlukan untuk menunggu.
  • Cek Tekanan Ban
Yup, memeriksa kondisi ban Anda bukanlah hal yang sepele, lho! Tekanan ban yang tidak sesuai bisa meningkatkan gesekan ban yang berakibat pada borosnya bahan bakar kendaraan. Karena jika tekanan lebih tinggi atau lebih rendah, akan memiliki efek yang kurang baik pada jarak pengereman. Periksa tekanan ban Anda selama berkala minimal sebulan sekali.
  • Pindahkan Transmisi Secepat Mungkin
Nah, kunci terakhir agar konsumsi bahan bakar kendaraan lebih hemat adalah memindahkan transmisi secepat mungkin. Jika perpindahan transmisi lambat, maka Anda cenderung menekan gas lebih dalam. Hal ini membuat bensin yang terbuang akan lebih banyak. Buang kebiasaan lama untuk menekan gas dalam-dalam, and be a smart eco driver!


Source : Cosmopolitan, Edisi Desember 2012 Halaman 224
vemale.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.