Kurang Tidur Bikin Nafsu Makan Meningkat Drastis

KAYUAGUNG RADIO - Jika Anda tengah berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya penuhi kebutuhan tidur secukupnya. Sebab penelitian terbaru membuktikan kalau orang yang kurang tidur membuat nafsu makannya meningkat drastis.
Penelitian dalam jurnal Psychoneuroendocrinology ini dilakukan para ahli dari Uppsala University di Swedia. Mereka tepatnya mengamati pola makan pria dewasa yang sebelumnya dibiarkan terjaga semalaman tanpa tidur.

Responden kemudian diminta memilih porsi makan dan camilan yang ingin dikonsumsi. Hasilnya, mereka semua memang cenderung menambah jumlah porsi makan, bukan memilih makanan yang mampu memberikan energi.

"Responden juga terus menambah porsi makan saat sarapan atau jadwal makan berikutnya. Artinya kurang tidur benar-benar mengubah drastis nafsu makan mereka," papar kepala peneliti Pleunie Hogenkamp, seperti yang dikutip dari The Daily News.

Sebelumnya, ada pula penelitian serupa yang dilaporkan dalam The American Journal of Human Biology. Saat itu, peneliti menemukan bukti kalau penampakan junk food yang diberikan pada responden yang kurang tidur mempengaruhi pola pikir. Sehingga makanan terlihat lebih lezat daripada biasanya.
Sementara itu, penelitian dalam jurnal Sleep tahun lalu lebih fokus pada dampak kurang tidur pada pria dan wanita. Jika pria yang kurang tidur bertambah nafsu makannya, wanita justru mengalami penurunan dalam merasa kenyang.



Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.