Lompat Tali Bisa Menahan Rasa Lapar?

KAYUAGUNG RADIO - Menghabiskan waktu beberapa menit untuk lompat tali ternyata adalah cara sempurna untuk menahan rasa lapar dan menurunkan berat badan, demikian menurut penelitian terbaru.

Peneliti dari Waseda University, Jepang, tepatnya berusaha mencari tahu olahraga apa yang paling cocok dilakukan demi mengontrol nafsu makan. Mereka pun membandingkan antara bersepeda dan lompat tali.
Bersepeda memang menyehatkan, namun ternyata olahraga tersebut tidak bisa menahan rasa lapar seseorang seperti lompat tali.

Peneliti menduga kalau gerakan naik turun pada lompat tali mengganggu kinerja usus sehingga menghambat produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar.

"Memang benar, kami sudah membuktikannya. Seseorang bisa lebih tahan lapar jika melakukan olahraga lompat tali daripada bersepeda, meskipun energi yang dikeluarkan sama-sama banyaknya," tulis peneliti dalam jurnal Appetite, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Lompat tali sendiri dikategorikan sebagai weight-bearing exercise atau olahraga dengan pembebanan. Beberapa jenis olahraga serupa adalah senam aerobik, jalan kaki, joging, dan berlari.
Peneliti pun menyampaikan kalau perlu ada analisis lebih lanjut tentang alasan kenapa olahraga pembebanan punya dampak khusus pada nafsu makan seseorang.



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.