Sarapan Pagi, Wujud Cintamu Setiap Hari

KAYUAGUNG RADIO -  Begitu banyak orang yang mengabaikan untuk sarapan bagi dengan berbagai alasan. Padahal sejatinya sarapan pagi mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Begitu pula dengan alasan takut sarapan pagi karena menyebabkan kegemukan. Padahal kenyataannya justru sebaliknya. Juga karena alasan telah terbiasa tidak perlu sarapan.

Saya termasuk orang yang sangat cerewet soal sarapan pagi. Mengingat pentingnya, saya seringkali adu debat dengan jagoan saya yang memang agak susah untuk sarapan. Posisi saya yang saat ini berjauhan dengan putra saya, menyebabkan saya hanya bisa mengontrolnya lewat telepon. Walau begitu acara kontrol makan pagi ini bisa jadi panjang lebar kalau saya yang melakukan, mulai dari menunya apa, habis sedikit atau banyak, atau kalau menunya monoton saya pun akan bertanya kenapa tidak mencoba menu yang lain, dll, dst. hehehehe, pokoknya panjang kali lebar. Itu saya lakukan karena saya ingin memastikan yang terbaik buat orang-orang terkasih saya.

Dan beruntungnya saya punya anak yang lumayan cerdas, karena dia sadar punya emak yang cerewet, maka tiapkali saya cek sarapannya, dia akan segera menjawab :

” Sudah sarapan, mah. Roti dan kenyang. “
Alhasil saya tidak punya bahan untuk ditanyakan lagi, alias selesai, wkwkwkwk
Saya akan menuliskan beberapa manfaat sarapan pagi, yang mungkin bisa merubah persepsi yang keliru tentang sarapan pagi.

1. Memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam perut dalam kondisi kosong.
Setelah tak mengkonsumsi makanan selama kurang lebih 12 jam, zat gula dalam tubuh akan melorot       sampai di titik terendah. Saat ini terjadi tubuh akan melepaskan persediaan zat gula yang tertimbun. Nah jika kita mengabaikan sarapan otomatis kita akan lemas, karena kurang asupan bahan bakar untuk dibentuk menjadi energi.

2. Menambah esensial nutrisi dan tingkat keseluruhan energi.
Sarapan hendaknya menyediakan asupan nutrisi yang lengkap vitamin, unsur serat dan zat besi. Supaya metabolisme tubuh kita juga terjaga sepanjang hari.
3. Bahan bakar untuk otak.
Kita tahu sekali bahwa kita memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga tubuh dalam kondisi terbaik, kemampuan berkonsentrasi yang bagus. Dan ini bisa kita dapatkan jika kita rutin mengawali hari kita dengan  sarapan.

4. Menghindari Makan siang tak terkontrol.
Sarapan pagi yang rutin menjaga kita dari makan siang yang tak terkontrol. Selain itu, membiarkan perut dalam keadaan lapar setelah 12 jam kosong, akan membuat kita malah membabi buta ngemil dan lepas kontrol saat makan siang.  Inilah yang justru memicu kegemukan.
Tentunya kita semua menginginkan yang terbaik bagi orang-orang terkasih kita kan, bu ? Salah satu perwujudan cinta itu ya dengan mempersiapkan nutrisi terbaik bagi mereka untuk mengawali hari-hari padat yang akan dijalani oleh mereka sepanjang hari.

Sudahkah siapkah sarapan penuh cinta anda, pagi ini ? :)



sumber : http://indonesiaindonesia.com
Diberdayakan oleh Blogger.