Agar Rumah Bebas Serangga

KAYUAGUNG RADIO -  Anda bisa mencoba banyak cara agar rumah aman dari serbuan serangga.
Cegah datangnya serangga:
  • Jangan biarkan makanan berserakan. Jangan lupa untuk menghilangkan noda pada blender dan permukaan kompor. Bersihkan juga cairan manis yang keluar dari wadahnya, seperti madu dan susu. Lalu buang sisa makanan hewan peliharaan, karena bisa memancing serangga datang.
  • Bebas genangan air. Perbaiki keran dan pipa bocor, karena genangan air bisa menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk serta mengundang serangga lainnya.
  • Aksi di luar rumah. Bersihkan dedauan yang rontok dan sampah kaleng di halaman rumah. Tutup setiap tempat sampah dan bersihkan kotoran hewan peliharaan di pekarangan. Tumpukan sampah bisa menjadi tempat bersarangnya lalat, nyamuk, semut dan serangga lainnya.
  • Basmi sarang serangga. Setelah melakukan proses di atas, pastikan tidak ada lubang atau celah untuk tempat keluar masuk serangga di dalam dan luar rumah. Bila Anda melihat sarang laba-laba segera sapu bersih.
Tutup Jalur Serangga
Semut dan serangga kecil lain mudah menerobos masuk ke dalam rumah. Segera atasi:
  • Semut dan kecoa. Racun serangga lebih baik daripada perangkap. Serangga biasanya menyukai makanan berprotein, karena bisa membantu mereka tumbuh lebih cepat. Pilih racun yang berbentuk gel atau pasta. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan bubuk anti semut, yang mudah didapat di toko tanaman.
  • Laba-laba. Sedot laba-laba dan jaringnya dengan penyedot debu. Tuang isi dalam kantong penyedot debu ke kantong sampah, lalu ikat rapat sebelum dibuang.
Panggil  tenaga ahli
Jika cara-cara di atas belum berhasil, atau Anda berhadapan dengan rayap dan serangga berbahaya lainnya, sebaiknya panggil tenaga ahli.
DO’S : Setelah membasmi kecoak, segera buang lalu bersihkan permukaan yang terkena kecoak tadi dengan cairan atau tisu anti bakteri.
DONT’S: Hindari menggunakan semprotan anti serangga. Selain berbahaya bagi anak-anak, serangga yang terkena cairan dan masih bisa berkeliaran dalam beberapa detik akan menyebarkan ‘racun’ tersebut ke seluruh ruangan.

Source : Good HouseKeeping Edisi Januari 2013, halaman 13.
Diberdayakan oleh Blogger.