Cara Ampuh Meningkatkan Konsentrasi

KAYUAGUNG RADIO - Tidak sedikit seseorang merasa stres saat tidak bisa memahami materi pekerjaan. Bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya konsentrasi. Berikut beberapa cara ampuh untuk meningkatkan konsentrasi:
1. Permen karet
Permen karet ternyata tidak hanya berfungsi untuk menyegarkan mulut atau menghilangkan rasa bosan saja. Permen karet juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Hasil penelitian John Clarkson dari Universitas St Lawrence di Amerika Serikat menyatakan, bahwa seseorang yang mengunyah permen karet, baik yang mengandung gula atau bebas gula, cenderung punya tingkat konsentrasi tinggi. Mereka jadi bisa mengerjakan tugas yang sulit dibanding kelompok yang tidak mengunyah permen karet.

 “Dengan mengunyah permen karet mint, seseorang bisa mengurangi rasa kantuknya,” ujar John.

Selain itu, penelitian lain yang dilakukan Victoria Pendleton dari University of Northumbria di Inggris membuktikan, bahwa mengunyah permen karet dapat berdampak positif bagi daya pikir dan ingatan.

"Ada dua teori. Pertama, mengunyah bisa meningkatkan detak jantung sehingga menyebabkan lebih banyak oksigen dan nutriea yang dipompa ke otak. Kedua, mengunyah akan meningkatkan produksi insulin, merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat," ungkap Victoria.

2. Teh
Penelitian dari Unilever Research and Development Vlaardingen di Belanda menytaakan, bahwa teh mengandung zat alami berupa kafein dan L-theanine (zat psikoaktif yang mempengaruhi aktivitas otak).

 “Kombinasi kafein dan L-theanine dalam teh membantu memudahkan otak berkonsentrasi,” kata peneliti dari Lipton Institute of Tea di Unilever Research and Development, Suzanne Einother.

3. Tertawa
Tertawa dapat meningkatkan konsentrasi. Saat seseorang sulit berkonsentrasi, luangkan waktu sekita sepuluh menit untuk tertawa. Tertawa lepas dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang ampuh memicu rasa senang dan bahagia. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

4. Sarapan
Menurut seorang ahli diet, Elizabeth Somer, sembilan dari sepuluh orang yang tidak sarapan akan merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi di sore hari. Jadi, pastikan selalu sarapan setiap harinya.

Somer juga mengtakan, bahwa makan karbohidrat dan protein saat makan siang, ampuh untuk memaksimalkan energi dan menjaga konsentrasi.

5. Musik
Menurut psikolog, Tjipto Susana, musik dapat merangsang koneksi antar neuron. Jadi, jika seseorang mendengarkan musik, ada bagian syaraf yang dirangsang untuk selalu berkoneksi. Hal tersebut dapat memudahkan konsentrasi.

6. Istirahat
Jangan memaksakan tubuh yang lelah untuk terus bekerja dan berpikir, karena tidak akan ada gunanya. Memaksakan kondisi tubuh justru akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti pusing, demam ataupun badan lemas.


(c) metrotvnews.com
Diberdayakan oleh Blogger.