Diet Tepat Untuk Jantung Sehat

KAYUAGUNG RADIO - Pada dasarnya, seluruh penyakit berasal dari makanan yang dikonsumsi. Jadi sebelum penyakit datang, alangkah baiknya jika Anda mulai mengontrol konsumsi makanan sehari-hari. Berikut ini, ada diet tepat yang bisa Anda coba agar jantung sehat seperti yang dilansir dari She Knows.

Batasi konsumsi lemak
Ada lemak jenuh yang tergolong jahat dan tidak baik bagi jantung. Sementara ada pula lemak tak jenuh yang mendukung kesehatan jantung dan tubuh keseluruhan. Batasi konsumsi lemak jenuh dan penuhi kebutuhan lemak baik dari salmon, minyak zaitun, dan alpukat demi menjaga kesehatan jantung.

Memenuhi kebutuhan serat
Serat disebut-sebut baik bagi pencernaan. Tetapi nutrisi yang satu ini juga ternyata mendukung kesehatan jantung. Penuhi kebutuhan serat dengan mengonsumsi gandum, buah, sayur, dan biji-bijian. Dengan makan serat sesuai kebutuhan, risiko serangan jantung dan diabetes pun akan menurun.

Mengontrol kolesterol
Kolesterol biasanya banyak terdapat pada makanan berupa daging sapi, ayam, ikan, telur, mentega, dan keju. Maka dari itu Anda harus mengontrol konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi tersebut. Sebab kolesterol adalah salah satu faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.
Batasi konsumsi garam
Selain lemak dan kolesterol, Anda juga sebaiknya mengontrol konsumsi garam. Sebab kebanyakan mengonsumsi garam mampu memicu tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan batu ginjal. Makanan yang dibeli di luar rumah biasanya paling banyak mengandung garam. Jadi sebaiknya Anda lebih sering memasak sendiri di rumah.
Makan ikan
Jangan lupa untuk menikmati daging ikan paling tidak sekali atau dua kali dalam seminggu untuk menurunkan risiko serangan jantung. Pasalnya dalam daging ikan ada asam lemak omega-3 yang tergolong menyehatkan. Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah salmon, tuna, dan haring.

Makan buah
Buah-buahan bukan cuma kaya akan vitamin dan mineral, tetapi juga komposisi yang membantu Anda mencegah penyakit kardiovaskular. Namun sebaiknya hindari buah yang dibekukan, yang sudah dicampur dengan pemanis, dan yang tersedia dalam bentuk kalengan.

Makan gandum
Jika Anda suka makan roti, pilih yang tepungnya terbuat dari gandum. Sebab gandum bukan cuma kaya serat, tetapi juga membantu meregulasi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Makan gandum setiap hari adalah salah satu cara diet tepat untuk jantung sehat.

Makan kacang
Terakhir, jangan lupakan kacang, seperti kenari dan almond. Kedua jenis kacang tersebut tepatnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga risiko penyakit jantung pun akan menurun. Nikmati kacang sebagai camilan sehat di antara waktu sarapan dan makan siang.
Itulah saran diet yang tepat agar jantung tetap sehat. Jangan ragu untuk memulai gaya hidup sehat mulai dari sekarang!



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.