Produksi Beras Sumsel Terus Meningkat

KAYUAGUNG RADIO - Meski beberapa daerah kawasan Sumsel sempat mengalami banjir hingga meredam lahan pertanian, tapi produksi beras masih terus meningkat. Salah satunya berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Hal itu diperkuat dengan data Dinas Pertanian dan Peternakan Muba, dimana hasil panen beras dari Kec. Lalan yang semula tahun 2011 hanya mencapai 116.868 ton maka di tahun 2012 meningkat menjadi 121.506 ton. ‘’Dan tahun 2013 saya berharap dapat mencapai 1,3 juta ton untuk seluruh Kab. Muba,’’ ujar Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat panen raya di Kecamatan Lalan kemarin (28/3).

Harapan tersebut langsung dimotivator Pemprov Sumsel dengan memberikan bantuan berupa 3 mesin pemanen padi, 2 power treser, dan 8 unit pengering padi untuk petani yang di Kecamatan Lalan.

Usai memberikan bantuan, Alex pun segera membuka Launching Sensus Pertanian Badan Pusat Statistik (BPS) dan melakukan panen raya jenis padi pasang surut yang ada di daerah tersebut.

‘’Dengan sensus ini maka diharapkan data-data tentang sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan serta tanaman pangan dapat kita dapatkan secara lengkap dan sesuai yang terjadi di lapangan. Guna kesiapan kita dalam menyambut sensus pertanian nasional se-Indonesia tanggal 1—30 Mei mendatang,’’ cetus Alex.

Alex mengharapkan dengan dimulainya Sensus Pertanian ini maka dapat disediakan informasi yang benar dan akurat untuk masa depan petani yang lebih baik.
Sedangkan untuk panen raya yang dilakukan, menurut Heriyadi Staf Ahli Bidang Pembangunan Muba adalah untuk padi pada masa musim tanam tahun 2012-2013 dengan luas lahan sebesar 26.120 ha. (rel)
Humas Pemprov Sumsel
Diberdayakan oleh Blogger.