Ishak Mekki Berikan Penghargaan Pada Kepala Daerah

KAYUAGUNG RADIO - Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM,  akan terbang ke Provinsi Nusa Tengga Timur (NTT). Ishak Mekki berkapasitas sebagai Pembina ENO Indonesia yang akan memberikan penghargaan terhadap beberapa pimpinan kepala daerah yang dianggap telah melaukan penghijauan hutan.

Sekretaris ENO Indonesia Dedi Kurniawan mengatakan, Selasa (23/4/2013)  pembina Eno Indonesia, H Ishak Mekki, Kamis (25/4/2013) akan  menyerahkan sertifikat green cities kepada Wakikota Kupang, Bupati Jonas Salean, Bupati Poso Piet Inkiriwang, Bupati Kendal yang akan diwakili Kaban Lingkungan Hidup Kendal serta penyerahan apresiasi award kepada Bupati Bantaeng Prof Dr Ir H M Nurdin Abdullah yang dianggap berhasil mengembangkan dan membangun hutan desa yang menjadi percontohan di Asia Tenggara.

“Disini Pak Ishak Mekki selaku Pembina Eno Indonesia, karena selah  satu KDH yang pertama kali mengembangkan Eno Indonesia bersama Bupati Deli Serdang Amri Tambunan,” sebut Dedi kepada wartawan.

Ishak Mekki juga pelopor kota hijau di Kabupaten Ogan Komering Ilir  (OKI), demikian, Ishak Mekki orang pertama berhasil menggelar konfrensi Eno pertama di Indonesia pada November 2012 lalu yang diselenggarakan di Wisata Teluk Gelam Kecamatan Teluk Gelam OKI.

Mengenai, pelaksanaan kegiatan Eno tree planting di Kota Kupang ini  adalah yang pertama di Indonesia bagian Timur yang berhasil diprakarsai oleh Ishak Mekki.

Ditambah lagi, menurut Dedi, dukungan dan apresiasi dari Walikota Kupang sebagai home planting atau tuan rumah, pelaksaan penanaman pohon oleh anak-anak sekolah dan empat kepala daerah tersebut dilaksanakan di hutan Kota Kupang “Taman Nostalgia” tempat berdirinya monumen Gong Perdamaian Nusantara.

Masih kata Dedi, suatu tempat yang historical bagi Eno dimana Eno tree panting day selalu dilaksanakan pada tanggal 22 April dan 21 September yang bertepatan dengan hari bumi sedunia serta hari perdamaian nusantara, sangat tepat karena tempat ini menggambarkan komitmen kerukunan perdamaian seluruh umat beragama.

Pada acara tersebut rencananya akan dihadiri H Ishak Mekki yang juga  menjabat sebagai Bupati OKI sekaligus sebagai pembina Eno Indonesia, Gubernur NTT Frans Leburaya, Wagub NTT, Walikota Kupang Jonas Salean, Bupati Poso Piet Inkiriwang, Bupati Bantaeng Prof Dr Ir H M Nurdin Abdullah dan Bupati Kendal yang diwakili oleh Kaban LH Kendal. Dan para undangan serta lapisan masyarakat NTT yang akan hadir diacara penghijauan tersebut.

Tak kalah menarik lagi, anak-anak dari sekolah dasar (SD) SMP, SMA  dan mahasiswa di NTT akan dilibatkan dalam kegiatan penghijauan. “Penanaman penghijauan ini dimulai dari anak SD hingga dewasa, karena kita mengingat betapa pentingnya penghijauan dilingkungan kita,” tandas Dedi. 

Untuk itu, kehadiran Ishak Mekki juga akan menyerahan sertifiat jaringan  kota hijau dunia tersebut, suatu penetapan bagi Kabupaten dan Kota oleh Eno, daerah-daerah tersebut akan mempunyai komitmen untuk terus  melakukan penanaman pohon dengan anak-anak sekolah guna mendukung kampanye Eno yakni, penanaman pohon 100 juta batang pohon sampai dengan tahun 2017 oleh anak-anak pelajar di 147 negara termasuk di Indonesia yang Kabupaten/Kota ditetapkan sebagai Eno green cities network.





Penulis : Mat Bodok
Editor : Hendra Kusuma
Diberdayakan oleh Blogger.