Pemprov Sumsel Terus Bina SDM Labor Lingkungan

KAYUAGUNG RADIO -Keberadaan Sumber Daya Manusia amat penting dalam upaya memaksimalkan sarana dan faslitas yang ada, tanpa terkecuali pada bidang labor lingkungan. Karena itu, Pemprov Sumsel melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumsel terus melakukan pembinaan pada setiap SDM Labor yang ada di kabupaten dan kota se-Sumsel. Selain itu, laboratorium juga haruslah terakreditasi dan terdaftar agar dapat diakui keberadaannya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Lingkungan Hidup Sumsel, Baknir Rasyid saat memberikan paparan kepada perwakilan BLH Kabupaten/kota se-Sumsel, Kamis (18/4) di Hotel Grand Duta Palembang.

"Sarana prasarana tidak memadai, bisa jadi kendala kinerja laboratorium daerah. Yang jadi fenomenal adalah alat ada gedung ada, tapi tidak berfungsi karena SDM tidak ada. Oleh karena itu Pemprov Sumsel terus melakukan pembinaan terhadap SDM Labor. Sehingga nantinya mereka mampu melakukan pengujian lingkungan dan memaksimalkan segala sarana dan prasarana yang ada,’’ ujar Baknir.

Juga dijelaskan bahwa pengetahuan lingkungan hidup akan berjalan efektif apabila didukung data kualitas lingkungan yang valid dan akuntabel. Sedangkan tujuan dari pemerintah memberikan pendidikan, dana dan prasarana lainnya agar BLH dapat bekerja dengan profesional.

"Alat Labor Provinsi sudah 10 tahun, tapi tetap terpelihara dengan baik. Untuk itu, kepada laboratorium daerah agar menjaga alat yang ada agar dapat tetap optimal fungsinya. Bayangkan, jika tenaga ahli ada tapi sarana tidak menunjang maka semua akan sia-sia," tegas Baknir.

Rapat Koordinasi Peningkatan kapasitas SDM Kabupaten dan Kota dalam rangka Optimalisasi Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2013 ini berlangsung sehari.
Humas Pemprov Sumsel
Diberdayakan oleh Blogger.