Agar Tidak Gampang Lelah

KAYUAGUNG RADIO - Kesibukan yang tinggi kerap membuat seseorang mengabaikan kesehatan tubuhnya. Hingga pada saat tertentu tubuhnya mengalami kelelahan yang hebat dan penurunan produktivitas kerja sebagai dampak dari gaya hidup tidak sehat.
Tetapi tentu saja Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengusir kelelahan itu, bahkan cukup melalui beberapa cara sederhana.
Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dan berguna dalam mengatasi kelelahan.

Pastikan Sarapan Sehat

Banyak orang meninggalkan kebiasaan sehat ini karena terburu-buru berangkat kerja, tidak sempat memasak, atau kendala lain yang menyebabkan orang tersebut tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup di pagi hari. Dampaknya akan dirasakan menjelang tengah hari, saat energi tubuh mulai menipis dan tubuh tidak memiliki cadangan energi yang cukup. Hasilnya, tubuh akan mengalami kelelahan yang hebat. So, biasakan sarapan sehat di pagi hari.

Tingkatkan Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab utama kelelahan adalah kurangnya aktivitas fisik, sehingga jika Anda ingin menyingkirkan kelelahan, mulailah gaya hidup aktif dengan berolahraga. Cobalah berolahraga 30 menit di pagi hari sebelum sarapan agar Anda tidak mudah lelah saat beraktivitas sepanjang hari.

Jaga Tubuh tetap Terhidrasi

Terkena dehidrasi juga menjadi penyebab lain kelelahan yang berkepanjangan, sehingga pastikan Anda mendapatkan cukup air bagi tubuh Anda untuk terhidrasi, membuatnya berfungsi dengan baik dan kembali ke keadaan aktif.

Kelola Stres

Stres adalah salah satu akar penyebab berbagai masalah kesehatan banyak orang, termasuk kelelahan. Jika Anda terus-menerus merasa lelah dan lesu, mulailah belajar untuk mengatasi stres dengan baik. Anda bisa berenang untuk menghilangkan stres. Lakukan latihan teratur. Kelola waktu Anda. Ini akan banyak membantu Anda untuk mulai menyingkirkan kelelahan.

Jaga Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan ataupun kekurangan berat badan, Anda mungkin merasa lelah terus-menerus. Jika Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, tubuh Anda akan perlu bekerja lebih untuk melakukan aktivitas sederhana, sehingga rasa kelelahan sering muncul. Di sisi lain, kurangnya kekuatan otot juga dapat membuat Anda merasa lelah dengan mudah juga. Jadi, pastikan Anda mempertahankan berat badan normal untuk menyingkirkan kelelahan.

Kurangi Kafein sebelum Tidur

Kafein berpotensi membuat Anda tetap terjaga setelah mengonsumsinya. Saat minum kafein, tubuh akan melepaskan adrenalin yang menjadi sumber respon untuk melawan kantuk, yang secara tidak langsung memaksa tubuh untuk kembali bekerja.
(c) DuniaFitnes.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.