Internet dan Smartphone Buat Orang Makin Bodoh?

KAYUAGUNG RADIO - Beberapa tahun belakangan kita makin akrab dengan smartphone atau telepon cerdas yang bisa digunakan untuk mempermudah hidup kita. Sayangnya, makin banyak smartphone hadir, makin banyak orang malas berpikir.
Dilansir Time of India, sebuah penelitian menunjukkan beberapa hal yang bisa membuat kita makin bodoh, internet dan smartphone salah satunya.

Reality Show
Acara ini tidak terlalu bagus untuk Anda. Berdasarkan sebuah penelitian yang berjudul A Story About a Stupid Person Can Make You Act Stupid (or Smart)' oleh Markus Appel, acara yang kita tonton dapat memengaruhi emosi dan perilaku. Jadi bila Anda menonton reality show yang mempertontonkan orang yang melakukan perilaku bodoh, maka secara tidak sadar Anda akan menirunya.

Smartphone
Smartphone dikabarkan dapat membuat seseorang menjadi bodoh karena banyak orang semakin malas karenanya. Sebuah foto yang beredar di dunia maya menunjukkan bagaimana para mahasiswa lebih suka memotret layar pembelajaran di depan kelas ketimbang mencatatnya di buku atau menulis ulang di laptop.

Internet
Kemudahan yang ditawarkan Google membuat banyak orang malas mencari bahan atau observasi langsung ke lapangan. Otak kita tidak lagi mengolah berbagai sumber dan menyimpannya. Kita lebih sering meminta bantuan Google untuk mencari info yang kita inginkan ketimbang mengingatnya dalam otak.

Junk Food
Kali ini sumber berbahaya bagi otak adalah junk food. Banyak penelitian memperlihatkan bahwa makanan-makanan enak tetapi masuk kategori junk foos merusak IQ anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Akan lebih baik jika anak-anak tidak dibiasakan sering mengonsumsi junk food.
So, ladies, teknologi memang membantu kehidupan kita, tetapi penggunaan yang berlebih dan 'kemanjaan' yang Anda berikan pada otak justru bisa jadi bumerang.
(c) vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.