Makanan-Makanan Yang Bisa Bikin Kecanduan

KAYUAGUNG RADIO - Usut punya usut, ternyata ada beberapa makanan yang bisa menggagalkan diet karena kecanduan. Kecanduan ini bukan seperti saat kecanduan narkoba, yang bikin orang mabuk atau kehilangan kesadaran diri. Namun, kecanduan yang dimaksud adalah seperti kecanduan pada rokok yang menyebabkan orang tak bisa berhenti mengonsumsi, dan merasa resah apabila sehari saja tidak mengonsumsinya.

Seperti dikutip dari realbuzz, makanan yang berpotensi menyebabkan kecanduan adalah:

Cokelat
Cokelat mengandung senyawa-senyawa yang memberikan efek bahagia seperti theobromine, phenyethylamine, anandamide dan tryptophan. Cara kerjanya membuat otak selalu merasa bahagia dan menyebabkan orang ingin mengonsumsinya terus menerus.
Bahayanya, apabila cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat yang kaya kandungan gula dan susu, maka yang gula akan menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh. Terlalu tinggi kadar gula dapat memicu diabetes tipe 2 serta menyebabkan kegemukan.

Keju
Ada zat kimia yang berbahaya yang dikandung produk susu, yaitu kasein, sejenis protein dari susu. Kasein ini menghasilkan senyawa mirip morfin yang apabila dicerna di dalam tubuh akan memberikan efek bahagia dan melayang. Dalam keju sendiri, ada zat  phenylethylamine yang memiliki efek merangsang orang merasa 'high'.

Gula
Para peneliti mengungkap bahwa saat seseorang mengonsumsi gula, senyawa kimia bernama opioids dilepaskan oleh otak. Senyawa tersebut membuat seseorang merasa senang. Tak heran apabila banyak orang kecanduan makanan manis, terutama anak-anak.

Burger dan daging olahan
Kombinasi lemak, garam dan gula pada makanan yang populer beredar saat ini membuat orang selalu menginginkan dan merindukan makanan tersebut. Profesor David Kessler, seorang penulis The End of Overeating mengatakan bahwa inilah mengapa orang ingin selalu makan junk food. Dan makanan-makanan kurang sehat itu kemudian dikonsumsi terus menerus sehingga menyebabkan timbunan kalori di dalam tubuh semakin banyak. Alhasil, diabetes tipe 2 dan kegemukan sulit untuk dihindari.

Kopi 
Adalah kafein, biang keladi yang bikin banyak orang kecanduan. Kafein memberikan suntikan energi yang membuat orang lebih fresh dan tidak mengantuk ketika mengonsumsinya. Namun, saat mulai terbiasa minum kopi dan berhenti, menyebabkan orang tersebut mudah merasa lelah, pusing, depresi dan mudah tersinggung. Itulah sebabnya orang banyak mengonsumsi kopi dan tidak ingin berhenti agar tetap fresh dan membantu lebih kreatif.

Agar tidak kecanduan menu-menu di atas, kuncinya adalah mengontrol diri. Apabila Anda dapat menyeimbangkan menu yang Anda santap, maka problem kesehatan bisa lebih diminimalisir.
 
 
Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.