Kapan Saat yang Tepat untuk Menggosok Gigi?

KAYUAGUNG RADIO -  Asosiasi Kesehatan Gigi Amerika menganjurkan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, dan satu diantaranya harus dilakukan sebelum anda tidur. Lebih sering anda makan dalam sehari lebih banyak anda seharusnya sikat gigi agar kesehatan dan kebersihan gigi anda tetap terjaga dengan baik.
Menggosok gigi bertujuan untuk membersihkan plak, suatu lapisan yang bersifat lengket, yang menempel pada permukaan gigi, yang merupakan hasil produksi dari bakteri dalam rongga mulut dan sisa makanan. Bakteri yang hidup di lapisan plak inilah yang menjadi penyebab dua masalah utama rongga mulut, yaitu karies dentis (karang gigi) yang akan berujung pada gigi berlubang, dan penyakit peradangan gusi atau periodentitis.



Sangatlah penting untuk menggosok gigi setelah anda makan, karena makanan dan minuman yang melalui rongga mulut (terlebih yang tertinggal di dalam rongga mulut) akan memicu bakteri untuk melepaskan asam, dan asam inilah yang perlahan-lahan akan merusak lapisan enamel (lapisan pelindung terluar) gigi. Asam tersebut dapat mulai merusak gigi 20 menit setelah makanan atau minuman melewati rongga mulut. 

Makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat adalah yang paling cepat memicu produksi asam oleh bakteri. Maka dari itu konsumsi makanan dan minuman yang rendah gula, rendah karbohidrat, banyak mengandung serat, dan banyak minum air putih sangat membantu untuk menjaga kesehatan rongga mulut, karena selain mengurangi produksi asam oleh bakteri, mengunyah makanan yang mengandung serat akan berfungsi secara mekanis seperti kita sedang menggosok gigi.




Namun perlu diingat bahwa ada kalanya anda harus menunda untuk menggosok gigi. Yaitu setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung atau bersifat asam, contoh yang paling umum misalnya jus jeruk. Tunggulah minimal 30 menit setelah anda makan atau minum terlebih dahulu sebelum anda menggosok gigi. 

Ingatlah bahwa enamel gigi lemah terhadap keadaan asam, dan suasana rongga mulut masih relatif lebih asam setelah anda mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut, sehingga menggosok gigi segera setelahnya akan mengikis enamel gigi. Atau lebih baik lagi, ketika anda akan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam, gosok gigilah terlebih dahulu, hal ini akan mengurangi keasaman rongga mulut akibat bakteri sebelum anda menambah keasamannya dengan makanan atau minuman tersebut.



Asosiasi Kesehatan Gigi Amerika juga merekomendasikan untuk berkumur dengan obat kumur yang mengandung anti mikroba setelah menggosok gigi. Anda juga dapat menggunakan benang flos untuk mengangkat sisa makanan yang terselip diantara gigi yang tidak dapat dihilangkan dengan menggosok gigi.
 (c) serunique.com




 
Diberdayakan oleh Blogger.