Menghadapi Kenaikan BBM Dengan Bijak

KAYUAGUNG RADIO - Berbagai macam aksi penolakan kenaikan BBM yang dilakukan oleh Mahasiswa, dan beberapa Ormas ternyata tidak mengurungkan pemerintah untuk menaikkan BBM. Aksi demo yang mereka lakukan bukanlah tanpa alasan, karena kenaikan harga BBM dipastikan akan berdampak terhadap kebutuhan lainnya. Seperti naiknya harga sembako, naiknya tarif transportasi, dan lain-lain. Akan tetapi, kenaikan harga BBM dan lain-lainnya tidak diimbangi dengan pendapatan masyarakat, terutama masyarakat yang berpendapatan kecil, tidak memiliki pekerjaan tetap. 

Berbagai keluhan masyarakat tehadap kenaikan harga BBM tentu ini adalah suatu hal yang wajar. Tetapi keluhan-keluhan ini, hanyalah bersifat sementara. Karena masyarakat nantinya pasti akan terbiasa dengan kenaikan harga BBM. Maka dari itu, perlu suatu cara bijak yang harus kita lakukan untuk menghadapi kenaikan harga BBM ini. Adapun beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Menghemat BBM
Ini adalah suatu cara yang harus kita lakukan mulai dari sekarang, yaitu dengan menghemat pemakaian BBM. 

2. Menyimpan Tabungan di Rekening Bank
Ini adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran Anda. Dengan begitu, maka kondisi keuangan Anda tidak memburuk, meski harga BBM naik.

3. Kurangi Jalan-jalan
Untuk Anda yang suka jalan, apalagi kalau jalan-jalannya menggunakan kendaraan bermotor. Tentu hal ini harus dikurangi. Selain untuk menekan pengeluaran Anda, hal ini juga dapat menghemat pemakaian BBM. Karena semakin sering Anda berkendara, tentu semakin banyak pula pemakaian BBM.

4. STOP Berlangganan
STOP berlangganan. Cara ini dimaksudkan bagi Anda yang berlangganan koran, majalah, TV satelit, atau apapun yang tidak terlalu penting. Untuk mendapatkan informasi apapun, dapat Anda alihkan ke penggunaan internet. Karena dengan menggunakan internet Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam berita dan informasi yang teraktual, hiburan yang menyenangkan, serta dapat menambah wawasan Anda. Dengan STOP berlangganan maka pengeluaran Anda dapat diminimalisir.

5. Memasak Sendiri
Bagi Anda yang suka membeli makanan diluar, hal ini juga harus dikurangi. Anda dapat menyiasatinya dengan memasak sendiri, karena dengan memasak sendiri Anda dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikelurkan untuk kebutuhan makan.

6. Hemat Listrik
Untuk menghindari melonjaknya biaya pemakaian listrik, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghemat listrik. Tidak menggunakan listrik secara berlebihan, dan gunakanlah seperlunya.

7. Membawa Bekal Saat Bekerja
Bagi Anda yang suka membeli makan pada saat bekerja, Anda dapat membawa bekal dari rumah. Hal ini dapat Anda lakukan, jika di tempat kerja Anda tidak menyediakan fasilitas catering. Karena dengan membawa bekal dari rumah, tentu dapat mengurangi pengeluaran Anda.

8. Mulailah Hidup Sehat
Mulailah hidup sehat dengan berjalan kaki atau bersepeda. Cara ini dapat juga Anda lakukan ketika bepergian, seperti saat pergi ke kantor, ke warung, atau kemana pun. Apabila jarak rumah dan ke tujuan Anda tidak terlalu jauh, Anda dapat berjalan kaki atau bersepeda.

9. Usaha Alternatif
Cara ini juga bisa Anda lakukan, untuk menambah pendapatan Anda. Anda bisa membuat usaha alternatif kecil-kecilan. Dan hasilnya pun dapat Anda simpan, atau untuk kebutuhan lainnya.
by. wartablogger.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.