Peringatan Hari Linkungan Hidup Sedunia OKI di TPA Sepucuk, Kayuagung

KAYUAGUNG RADIO - Ada yang berbeda dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Kabupaten OKI, Sumsel. Puncak acara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia ini dilaksanakan di TPA Sepucuk, Kayuagung. Acara ini diikuti langsung oleh Bupati OKI diwakili Sekda Ir. Ruslan Bahri. MT, FKPD, kepala SKPD, PNS, Guru, petugas kebersihan serta ratusan siswa.
Bupati OKI, melalui Sekda berharap pelaksanaan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup di TPU Sepucuk ini  dapat memberikan dampak positif khususnya pada perubahan prilaku dan sikap kepedulian masyarakat pada keselamatan lingkungan.
“Marilah kita bijak dengan sampah dan terus meningkatkan kepedulian kita kepada lingkungan”ungkap Bupati Ishak Mekki sebagaimana dibacakan sekda saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia dan hari sampah nasional di TPU Sepucuk, Jum’at (21/6/13).

Sampah telah menjadi permasalahan lingkungan khususnya bagi masyarakat perkotaan. Sebanyak 86 kubik sampah setiap hari dikumpulkan dari 25 kelurahan dan desa di Kecamatan Kota Kayuagung. Pembuangan dari rumah tangga merupakan sampah terbanyak yang dikumpulkan. Selebihnya sebanyak 15 persen di pilah di TPA dan dicacah yang berasal dari sampah organik.
Pemerintah Kabupaten OKI melalui Dinas Pasar dan Kebersihan serta Badan Lingkungan Hidup Kabupaten OKI terus mensosialisasikan pentingnya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat melalui berbagai program ramah lingkungan dan penghijauan. Salah satunya dengan merivitalisasi TPA Sepucuk.
TPA Sepucuk direkontruksi pada tahun 2011 sebagai upaya kota Kayuagung untuk mempertahankan penghargaan Adipura. Sistem TPA yang sudah memenuhi syarat kota bersih dengan sistem operasional Kontruksi Landfill sejak 2010 dan telah bersiap menuju sanitary landfill. Ini bertujuan untuk memudahkan pengolahan sampah yang bertujuan agar tidak mencemari lingkungan sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten OKI, Amiruddin, S. Sos, M. Si.
“Kita terus meningkatkan kapasitas TPA Sepucuk ini Tahun 2013 kita memperoleh bantuan dari APBN sebesar 5,9 milyar untuk meningkatkan sistem operasional pengelolahan sampah dengan menggunakan sistem modern sanitary landfill. Bantuan 600 juta dari Pemprov. Sumsel untuk pembangunan pagar dan dari APBD Kabupaten akan kita bangunkan jalan menuju pembuangan” ungkap Amir.
Untuk memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, TPA Sepucuk juga telah menjalankan sistem pengomposan sampah dan pemilahan sampah plastik yang bernilai ekonomis.
Pendidikan peduli lingkungan juga sudah dimulai pada sekolah-sekolah di Kabupaten OKI. Program 3R, Recycle (daur ulang), Reuse (menggunakan kembali), dan Reduce (mengubah bentuk) juga sudah dikenalkan kepada para pelajar karenya pada tahun 2013 ini dua sekolah di Kabupaten OKI, yaitu SMAN 3 Unggulan Kayuagung dan SDN 1 Muara Baru berhasil meraih Piala Adiwiyata tingkat Provinsi Sumsel.
Kota Kayuagung sendiri telah menerima Penghargaan Adipura sebanyak 6 kali, penghargaan lingkungan dan kota kecil yang bersih. Hal tersebut karena juri menilai Kayuagung memiliki potensi untuk  dimotivasi dan ditata menjadi kota hijau yang warganya sadar lingkungan. Untuk itu selain pelaksanaan upacara Hari Lingkungan Hidup sedunia, Hari ini juga dilaksanakan arak-arakan Piala Adipura ke 6 yang diraih Kabupaten OKI. Mengambil start di TPA Sepucuk, Piala Adipura diarak mengelilingi Kota Kayuagung melintasi Kelurahan Cinta Raja, Kelurahan Mangun Jaya. Kelurahan Paku, menuju Jalan Darna Jambi, Jalan Yusuf Singadekane dan finis di halaman Kantor Bupati OKI. Bersama piala Adipura juga diarak Piala Adiwiata tingkat Provinsi Sumsel yang diraih SDN 1 Muara Baru dan SMAN 3 Unggulan Kayuagung. pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Bupati  juga memberikan penghargaan kepada sekolah pemenang lomba Adiwiyata tingkat SD, SMP, SMA se Kabupaten OKI, menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba photo serta memberikan bonus serta polis ansuransi kepada 160 petugas kebersihan. Para petugas kebersihan ini diganjar bonus 450.000,- per orang.

Diberdayakan oleh Blogger.