Makanan Manis Bisa Menyebabkan Gagal Jantung

KAYUAGUNG RADIOMakanan manis memang enak, lihat saya es-es segar yang dijual, tidak enak jika rasanya kurang manis. Termasuk berbagai kue basah tradisional, kebanyakan memiliki rasa manis, misalnya donat, putu, gula kacang dan sebagainya. Belum lagi kue-kue kering dan cookies, rasa manis sudah menjadi konsumsi sehari-hari.

Tetapi berhati-hatilah jika Anda suka mengonsumsi makanan manis! Penelitian membuktikan bahwa konsumsi gula berlebih tidak hanya meningkatkan berat badan, tetapi juga menyebabkan gagal jantung.

Molekul yang ada dalam gula, glukosa metabolit glukosa 6-fosfat (G6P) dapat memberatkan kerja jantung (stres pada jantung). Hal tersebut dapat menyebabkan gagal jantung, demikian hasil penelitian yang dilakukan University of Texas Health Science Center di Houston, seperti dilansir situs Newsmaxhealth.com.

"Pengobatannya sulit," ujar Dr Heinrich Taegtmeyer, salah satu peneliti. "Dokter akan memberikan diuretik untuk mengontrol cairan, beta-blockers dan ACE inhibitors untuk menurunkan stres pada jantung yang memungkinkan agar jantung bisa memompa darah kembali," lanjutnya.

Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya mengonsumsi banyak gula setiap hari. Hal itu disebabkan karena gula ada dalam berbagai makanan, misalnya donat, cookies dan sebagainya. Gula yang tersembunyi itu biasanya tidak disadari.

Untuk membuat hidup semakin sehat, Anda bisa mengganti berbagai makanan yang diolah dengan gula dengan buah-buahan segar yang mengandung rasa manis alami.


Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.