Makan Ikan Bisa Turunkan Kecemasan Pada Ibu Hamil

KAYUAGUNG RADIO - Peneliti di Brazil menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi ikan selama kehamilan memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dibanding wanita hamil yang tak makan ikan. Meski begitu, peneliti memperingatkan agar ibu hamil menghindari ikan yang mengandung banyak merkuri.

Penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang tak pernah atau jarang makan ikan seperti tuna atau salmon memiliki kemungkinan 53 persen lebih tinggi untuk mengalami kecemasan pada trimester ketiga, dibandingkan dengan wanita yang makan ikan sekali seminggu.

Wanita vegetarian yang hamil juga berkemungkinan 25 persen lebih tinggi mengalami kecemasan dibanding wanita yang mengonsumsi ikan dan daging. Hasil ini didapat peneliti setelah mengamati 9.500 wanita selama kehamilan.

"Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, wanita harus menjalani diet sehat," ungkap penulis penelitian Juliana Vaz, seperti dilansir oleh NY Daily News (18/07). Vaz menyarankan agar wanita rajin makan gandum utuh, sayuran, daging, telur, dan ikan.

Meski peneliti belum menemukan dengan pasti penyebab efek ikan pada kecemasan, namun mereka beranggapan bahwa hal tersebut berkaitan dengan asam lemak omega-3 di dalam ikan.

Namun tak semua ikan boleh dimakan selama kehamilan.Ibu juga harus berhati-hati terhadap ikan besar yang mengandung tingkat merkuri tinggi. Sebaiknya ibu memilih ikan seperti salmon, tuna, atau sarden.



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.