Menu Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

KAYUAGUNG RADIO -  Menjalani puasa Ramadan selama 30 hari penuh tentu menjadi tantangan tersendiri. Setelah seharian menahan lapar, tentu saat berbuka ingin menyantap makanan lezat dan menggugah selera. Namun banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Bila sudah satu hari berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang hanya asal-asalan atau enak tapi tidak bergizi sama sekali maka akan membuat kondisi tubuh menurun.
Bila Anda makan makanan yang tidak membantu menjaga kondisi tubuh Anda maka bisa saja Anda malah terkena beberapa penyakit seperti maag, kurang vitamin dan sakit kepala. Selama menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan di bawah ini agar kesehatan Anda terjaga. Makanan di bawah ini tidak susah didapatkan dan bisa dikombinasikan dengan makanan lain favorit Anda untuk berbuka puasa.

1. Beras merah
Sudahkah Anda mencoba untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah? Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Mengonsumsi nasi merah membuat kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula. Nasi merah baik dikonsumsi untuk buka puasa ataupun saat sahur.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau dibutuhkan untuk suplai vitamin dan serat dalam tubuh. Sayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Memasak sayuran berdaun hijau pun cukup ditumis atau disayur dan jangan sampai layu karena akan banyak kandungan bermanfaatnya yang hilang.

3. Oat
Bila Anda menghindari makan nasi baik nasi putih ataupun nasi merah, jangan lantas tidak menyantap karbohidrat apapun untuk berbuka puasa. Anda bisa membuat oat yang dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna dan seratnya tinggi. Makanan yang berserat tinggi baik dimakan untuk buka puasa.

4. Buah-buahan
Tidak ada salahnya menyantap sepotong melon atau satu butir jeruk ketika berbuka puasa. Vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar. Selain itu, buah-buahan yang segar membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengonsumsi makanan berat untuk berbuka puasa.
5. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan dikenal mengandung protein yang tinggi. Mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan dianjurkan menjadi menu sayur untuk buka puasa. Anda bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa.
Menjaga kesehatan selama bulan Ramadan bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menu berbuka puasa. Anda bisa mengkombinasikan 5 makanan di atas ke dalam menu berbuka Anda. Yuk jaga kesehatan selama bulan Ramadan!
(c) vemale.com
 
Diberdayakan oleh Blogger.