Minum Banyak Air Bisa Tingkatkan Konsentrasi?

KAYUAGUNG RADIO - Sebuah penelitian dalam skala kecil membuktikan bahwa minum air putih mampu meningkatkan performa mental dan konsentrasi.

Di dalam penelitian tersebut, responden yang minum tiga gelas air putih sebelum mengikuti tes kognitif mampu mendapatkan nilai yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum air sama sekali.

Peneliti menduga kalau sensasi haus bisa menurunkan konsentrasi. Sehingga dengan minum air, konsentrasi bisa kembali meningkat dan seseorang mampu melakukan pekerjaannya dengan lebih fokus.

Meskipun begitu, ternyata minum banyak air juga tidak selalu baik. Pada tes yang berbeda, peneliti menemukan kalau konsumsi air putih tidak memberikan hasil yang lebih baik pada responden.

"Ada hormon bernama vasopressin yang mengaktifkan respon haus yang juga berkaitan dengan konsentrasi dan rangsangan seksual. Tetapi terkadang tes kognitif tertentu, seperti mengingat kata, tidak ada hubungannya dengan hal itu," terang Caroline Edmonds, peneliti dari University of East London School of Psychology di Inggris.

Sebagaimana dilansir dari Mother Nature Network, sebelumnya memang ada penelitian yang menyebutkan kalau dehidrasi bisa menurunkan performa mental. Namun belum ada bukti kuat bahwa dengan minum air putih, konsentrasi bisa meningkat.

Hasil penelitian tersebut kemudian dilaporkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience.



Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.