Cara Cegah Sakit Punggung Saat Tidur

KAYUAGUNG RADIO - Mengalami insomnia saja sudah cukup buruk. Ditambah lagi dengan sakit punggung yang semakin membuat Anda tak bisa tidur. Selain menyakitkan, hal ini juga membuat tidur terganggu dan mempengaruhi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan meredakan sakit punggung yang muncul saat tidur, seperti dilansir oleh Shine! (25/07).

1. Mandi malam
Tegangan pada otot bisa menyebabkan stres dan mencegah seseorang bersantai sebelum tidur. Hal ini juga bisa menyebabkan otot tegang dan sakit. Sebelum tidur, Anda bisa mandi air hangat dan memijat-mijat bagian leher, pundak, serta punggung untuk meredakan ketegangan.

2. Yoga sebelum tidur
Melakukan yoga untuk melonggarkan tegangan pada otot punggung, perut, paha belakang, dan lainnya bisa membantu menurunkan rasa nyeri punggung. Luangkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk melakukan yoga. Pilih yoga yang khusus untuk meredakan nyeri punggung.

3. Cek posisi tidur
Posisi tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, terutama menyebabkan atau meredakan rasa sakit. Orang yang sering tidur telungkup atau menyamping lebih berkemungkinan mengalami sakit punggung atau bangun dengan rasa nyeri di bagian punggung. Sebaiknya perbaiki posisi tidur Anda dengan melakukan posisi tidur netral atau telentang.

4. Cek kasur Anda
Kasur yang sudah tua juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Jika kasur Anda memiliki dua sisi, balikkan kasur setelah beberapa saat untuk menjaga keawetannya. Jika hanya satu sisi, Anda bisa memutarnya 180 derajat agar kasur lebih awet. Jika kasur Anda sudah berumur 10 tahun lebih dan per di dalamnya sudah mulai menonjol, mungkin ini saatnya untuk membeli kasur baru.

5. Perhatikan berat badan
Kelebihan berat badan dan lemak di perut akan memberikan tekanan yang besar pada tubuh bagian belakang. Ini juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Untuk itu, mengurangi nyeri punggung saat tidur bisa jadi semudah mengurangi berat badan. Cek diet Anda dan berolahraga. Selain membantu mengurangi berat badan, ini juga bisa mengurangi sakit punggung yang Anda rasakan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau meredakan sakit punggung yang dirasakan saat tidur. Selamat mencoba!


Sumber : merdeka.com
Diberdayakan oleh Blogger.