Perut Buncit Naikkan Risiko Sakit Jantung

KAYUAGUNG RADIO - Ada yang bilang gemuk itu subur, gemuk itu sehat, bisa iya, bisa tidak, tergantung di mana lemak seseorang menumpuk. Bila seseorang mengalami penumpukan lemak di daerah perut, hal tersebut bisa menjadi sinyal yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Demikian fakta yang diungkapkan dalam sebuah hasil penelitian terbaru.

Ilmuwan melakukan penelitian pada 3.000 warga Amerika. Mereka diawasi selama 7 tahun untuk dilakukan CT scan jumlah lemak di area tubuh. Orang-orang yang memiliki tumpukan lemak di daerah perut, sekitar jaringan jantung dan sekitar arteri aorta mengalami 90 kasus kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), 141 kasus kanker dan 71 kasus kematian, dilansir dari situs Newsmaxhealth.com.

Hasil penemuan ini menunjukkan bahwa angka indeks massa tubuh (BMI) tidak memberi pengaruh yang signifikan. BMI digunakan untuk ukuran tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. Sedangkan lemak bisa menumpuk di bagian mana saja, dan di daerah mana yang paling banyak. "Lemak perut dapat memprediksi dan meningkatkan risiko sakit jantung," ujar Dr Caroline Fox, seorang peneliti senior.

"Karena makin banyak orang mengalami obesitas dan kegemukan di seluruh dunia, identifikasi individu yang berisiko tinggi sangat penting karena dapat membuat seseorang melakukan langkah pencegahan dan terapi lebih awal," ujar Dr Kathryn Britton, kepala penelitian.

Karena itu, memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal tidak hanya masalah fashion dan kecantikan, karena kesehatan Anda juga bisa mendapat pengaruhnya.



Sumber : vemale.com
Diberdayakan oleh Blogger.